Waspada, Ini 5 Jenis Gangguan Tidur yang Paling Mengerikan

By Saeful Imam, Senin, 14 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Ternyata, Ini Alasan Ilmiah Kenapa Susah Tidur di Tempat Baru (Gisela Niken)

Nakita.id - Rata-rata orang cenderung mengalami beberapa jenis tidur yang tidak teratur, mulai dari insomnia, mendengkur, hingga seringnya bermimpi buruk. Di antara berbagai gangguan tidur, ternyata ada yang masuk dalam kategori terburuk, berikut di antaranya: 

1# Mimpi buruk

Mimpi buruk sering kali membuat seseorang merasa ketakutan dan sulit untuk tidur kembali. Namun, bagaimana jika mimpi buruk ini terjadi setiap saat?

Menurut Mayo Clinic, gangguan mimpi buruk, juga dikenal dengan istilah parasomnia, yang ditandai dengan "pengalaman yang tidak diinginkan" saat sedang ingin tidur, saat tidur, atau saat kita bangun tidur.

(Baca juga : Normal Bila Ibu Hamil Alami Gangguan Gigi dan Gusi)

Mimpi buruk sering kali dialami setiap orang, terutama selama masa stres tinggi, pengalaman mengerikan yang terkait dengan gangguan mimpi buruk dan seringkali menyebabkan tekanan dan dapat mengganggu aktivitas normal sehari-hari.

Beberapa dampak serius dari gangguan mimpi buruk, meliputi kantuk yang berlebihan, kecemasan, masalah mood meningkat, dan keengganan untuk tidur.

2# Halusinasi Hipnagogik

Halusinasi hipnagogik, atau halusinasi terkait tidur, tidak seutuhnya dianggap kelainan, menurut American Sleep Association. Misalnya, seseorang dengan narkolepsi akan memiliki tingkat halusinasi tidur yang lebih tinggi. Halusinasi ini terjadi oleh seseorang yang jatuh tertidur atau terbangun, tapi tidak terjadi saat orang tersebut sedang tidur.

Halusinasi terkait tidur bisa jadi akibat penggunaan alkohol atau obat-obatan, atau berhubungan dengan insomnia, kegelisahan, stres atau faktor lainnya. Pengobatan halusinasi tidur lebih diarahkan kepada penyalahgunaan zat yang sangat menekan.

(Baca juga : Bayi Besar Berisiko Mengalami Banyak Gangguan Kesehatan)

3# Kelumpuhan Tidur