Bayi Baru Lahir Disebut Normal Jika Memiliki Tanda Ini

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 23 Agustus 2017 | 07:00 WIB
Skrining atau uji saring neonatus adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk uji saring (72-120 jam setelah kelahiran) untuk mendeteksi penyakit bawaan. (Santi Hartono)

Nakita.id – Merawat bayi baru lahir memang memiliki tantangan tersendiri. Bisa jadi Ibu juga dilanda kebingungan. Apakah ada masalah dengan bayi?

Bagaimana tandanya jika bayi memiliki masalah yang serius? Nah, Ibu perlu tahu tanda-tanda bahwa bayi baru lahir bertumbuh dengan normal. Ini dia panduannya!

Baca juga: Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Normalkah? 

1. Kepala bayi

Jangan merasa khawatir jika kepala bayi terlihat tidak simetris misalnya bentuknya memanjang tidak bulat. Proses persalinan melalui vagina yang sempit membuat bentuk kepala bayi terlihat aneh dan akan kembali normal satu dua hari kemudian.

Menurut Marianne Neifert, MD, dokter di Colorado, Amerika Serikat, memar dan membengkak pada kulit kepala sering terjadi pada persalinan normal terutama jika dengan menggunakan bantuan vakum untuk mengeluarkan bayi.

Namun, Ibu perlu waspada jika ada benjolan yang diikuti keluhan lain misalnya muntah atau diare. Bisa jadi ada masalah pada kepala misalnya meningitis.

2. Mata bayi

Kok sepertinya bayi belum bisa melihat dengan jelas? Tentu saja pada bayi baru lahir, ia belum bisa melihat dengan jelas jika dalam jarak jauh.

Ia juga belum punya kemampuan untuk memusatkan perhatian pada sesuatu sehingga ia terlihat melihat ke berbagai arah.

Baca juga: 5 Masalah Dalam Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

3. Kulit bayi