8 Cara Aman Meringankan Sakit Kepala Saat Hamil

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:45 WIB
Cobalah untuk mencuri-curi waktu untuk tidur siang, agar kepala Ibu tidak terlalu tegang. (Santi Hartono)

Nakita.id– Saat hamil, sebagian besar wanita akan menderita sakit kepala. Apabila Ibu tidak ingin menggunakan obat-obatan untuk meringankan kepala yang seperti diremas-remas atau terasa nyut-nyutan, berikut  8 cara aman meringankan sakit kepala saat hamil:

Baca juga: Perlukah Khawatir Jika Sakit Kepala Saat Hamil

- Gunakan kompres. Saat sakit kepala menyerang, kompres kening atau bagian bawah kepala Ibu dengan air hangat atau air dingin.

- Mandi. Mandilah dengan air hangat, baik di bawah pancuran atau pun dengan gayung, agar sakit kepala Ibu menghilang.

- Jangan biarkan diri Ibu kelaparan atau kehausan. Untuk mencegah terjadinya gula darah rendah (pemicu umum sakit kepala), makanlah sedikit tapi sering. Saat bepergian, bawalah camilan (biskuit, buah) yang bisa Ibu makan dengan mudah. Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan padat gula, seperti permen, yang bisa membuat gula darah Ibu melonjak dan anjlok seketika.

- Jangan terlalu lelah. Cobalah untuk mencuri-curi waktu untuk tidur siang, meski Ibu tengah berada di kantor, agar kepala Ibu tidak terlalu tegang.

- Berolahraga. Sejumlah bukti telah menunjukkan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi stres yang bisa menjadi penyebab sakit kepala.

- Cobalah teknik relaksasi. Lakukan salah satu teknik relaksasi berikut, seperti meditasi, yoga, atau pun self-hypnosis, yang telah terbukti berhasil mengurangi stres dan meringankan sakit kepala ibu hamil.

- Pijat. Untuk melepaskan ketegangan otot leher, bahu, dan punggung, mengapa tidak sesekali pergi untuk menikmati pijat di seluruh tubuh. Untuk lebih amannya, carilah terapis yang sudah terlatih untuk melakukan pijat prenatal. Jika Ibu enggan bepergian, mintalah Ayah untuk menggosok punggung dan kepala Ibu. Selain baik untuk meringankan sakit kepala, hubungan antara Ibu dan Ayah serta si kecil di dalam rahim, akan semakin erat terjalin.

- Mencoba akupuntur. Pengobatan akupuntur dianggap aman saat hamil. Tapi sayangnya keefektifan akupuntur untuk mengurangi sakit kepala masih belum terbukti sepenuhnya.

Baca juga: Sakit Kepala Saat Hamil Waspadai Preeklamsia

Yang mana dari 8 cara aman meringankan sakit kepala saat hamil di atas yang ingin segera Ibu coba? Yang mana pun semoga bisa membuat kepala dan hati Ibu lebih ringan, ya. (*)