Hamil Anak Ketiga, Kate Middleton Alami Morning Sickness Berlebihan yang Dapat Mengancam Janin

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 5 September 2017 | 03:00 WIB
Morning sickness berlebihan memang perlu diwaspadai (Santi Hartono)

Nakita.id – Pihak kerajaan Inggris baru saja mengkonfirmasi kehamilan ketiga yang dialami Kate Middleton. Namun, kabar gembira ini dihiasi kabar tak baik karena Kate Middleton dikabarkan mengalami Hyperemesis Gravidarum (HG). Hal ini membuat Kate Middleton mengalami mual dan muntah yang berlebihan.

Lalu, apa yang membedakan HG dengan mual muntah biasa? Dr. Bramundito, SpOG mengungkapkan gejala HG di antara lain tak kunjung reda dan berlangsung sepanjang hari, selalu muntah setiap menelan makanan dan minuman.

Baca juga: Berapa Lama Morning Sickness Berlangsung? 

Kondisi ini sebenarnya langka dialami Ibu hamil sebab hanya sekitar 0,5?3% ibu hamil mengalami HG. Sama seperti mual muntah biasa yang dialami ibu hamil, peningkatan hormon hCG, progesteron dan stres diduga menjadi penyebab HG. Umumnya HG terjadi pada trimester 1 kehamilan, tapi gejalanya dapat memuncak pada awal trimester 2.

Menurut dr. Nurhasanah Puji Lestari, SpOG, dalam tabloid Nakita Edisi 926, kehilangan nafsu makan dan tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman apapun karena mual dan ingin muntah merupakan kondisi yang perlu diwaspadai. Ibu jadi berisiko mengalami dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan HG jadi berbahaya. 

Baca juga: Tip Menaklukkan "Morning Sickness" Agar Kehamilan Lebih Menyenangkan! 

Jika tidak segera ditangani dan Ibu masih terus muntah setiap makan minum, dehidrasi ringan dapat meningkat menjadi dehidrasi berat. Kondisi ini membahayakan janin di kandungan, karena bila Mama kekurangan asupan cairan, otomatis janin juga ikut kekurangan cairan. Hal ini bahkan ikut membahayakan nyawa Ibu.

Ada banyak faktor yang jadi penyebab terjadinya HG. Beberapa faktor risiko antara lain kelebihan berat badan, ada riwayat keluarga HG dan memiliki anak kembar atau kembar tiga. Penyebab HG lainnya yang mungkin terjadi adalah tingkat stres yang tinggi.

Baca juga: 3 Mitos tentang Morning Sickness yang Keliru

Caitlin Dean, ketua Pregnancy Sickness Support  mengatakan bahwa tingkat keparahan kondisi tidak boleh diremehkan dan perlu ada penanganan khusus. Jadi, Ibu perlu mengetahui jika morning sickness yang terjadi tidak normal dan perlu penanganan lebih lanjut.

Ternyata kondisi HG ini juga dialami Kate Middleton pada kehamilan-kehamilan sebelumnya. Pada kehamilan pertamanya pada 2012, Kate Middleton bahkan sempat dirawat di rumah sakit akibat dehidrasi.

Memang jika Ibu terdeteksi mengalami dehidrasi, biasanya dokter obgin akan merujuk Mama untuk dirawat di rumah sakit, terutama jika Ibu tidak bisa menelan makanan dan minuman tanpa muntah. Ibu akan diberi infus untuk kembali menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh dan diberikan obat-obatan antimual.