Biasanya Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Kok Si Kecil Malah Susah Tidur?

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 6 September 2017 | 05:15 WIB
Metode Membiarkan Bayi Menangis Ternyata Aman Dilakukan (Gisela Niken)

Nakita.id – Saat bayi lahir, tentu saja salah satu kegiatan yang pastinya banyak dilakukan adalah tidur. Sekitar lebih dari 50% waktu bayi baru lahir dihabiskan dengan tidur. Tetapi ada sebagian bayi baru lahir yang justru susah tidur. Kenapa ya?

Ibu perlu memahami bahwa banyak bayi yang tidur dengan jam yang tak pasti. Menurut Charles Shubin, direktur bidang pediatri di Mercy Family Care mengungkapkan bayi bisa saja terlihat susah tidur di malam hari atau siang hari saja.  “Seiring berjalan usia, otak dan sistem saraf pusat bayi akan matang sehingga ia akan lebih banyak tidur di malam hari,” tambahnya.

Baca juga: Penyebab Bayi Susah Tidur

Selain itu, setiap bayi juga punya pola tidur yang berbeda. Sebagian bayi memang terlihat tidur terus tapi kok malah ada bayi yang susah tidur? Menurut Scott Cohen, pediatri sekaligus penulis buku Eat Sleep Poop: A Common Sense Guide to Your Baby's First Year, normalnya bayi baru lahir tidur 14 sampai 18 jam sehari pada seminggu pertama dan 12 sampai 16 jam saat menginjak usia satu bulan.

Baca juga: Hati-hati, Salah Menyusui Bikin Bayi Susah Tidur 

Namun jika bayi tidur lebih atau kurang dari jam tersebut tentunya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan selama bayi tak mengalami gejala lainnya misalnya lebih rewel atau menolak ASI. Hal tersebut bisa jadi tanda bahwa ia mengalami masalah kesehatan serius.

Bayi baru lahir yang susah tidur ini nyatanya bisa terjadi akibat orangtua. Menurut Jodi Mindell, Ph.D., penulis buku Sleeping Through the Night, stimulasi yang berlebihan jelang waktu tidur justru menyebabkan anak jadi susah tidur. “Terlalu lelah justru bisa menyebabkan anak susah tidur,” tambahnya.

Baca juga: Bayi Sering Susah Tidur di Malam Hari? Waspadai Masalah Serius Ini 

Tak hanya itu, bayi yang susah tidur bisa jadi karena sifatnya. Artinya, bayi yang terlalu sensitif pastinya akan jadi susah tidur. Bayi bisa saja tergganggu jika ada suara bising misalnya atau suasana kamar yang tidak nyaman. Jadi, pastikan Ibu menyiapkan ruang tidur yang membuat anak merasa nyaman untuk tidur.