Riset: Cukup Tidur Bisa Meningkatkan Ketangkasan Otak Anak

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 11 September 2017 | 04:15 WIB
Atasi Anak Tidur Mendengkur (Ipoel )

Nakita.id - Selama masa kanak-kanak, perkembangan kognitif dan psikososial si kecil mulai berkembang. Meski bermain game terbukti melatih otak, teka-teki dan olahraga seperti catur dapat membantu meningkatkan fungsi otaknya juga.

Namun sayangnya, kebanyakan orangtua tidak mengetahui peran tidur dalam fungsi otak anak mereka.

Dr Jyoti Chawla, Konsultan Senior Paediatrics, Paras Panchkula menjelaskan, peran tidur cukup yang dirasakan anak akan berkaitan erat dengan fungsi otak yang kian tajam.

Baca juga : Manfaat Tidur Bagi Anak

Mengapa tidur yang baik itu penting?

Tidur yang nyenyak dan istirahat yang cukup sangat penting bagi otak anak, karena banyak fungsi utama tubuh bergantung pada ritme sirkadian (body clock). Jika jam tubuh tidak sinkron karena kurang tidur, anak bisa berisiko mengalami banyak masalah kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa anak mengikuti pola tidur dan bangun di jam yang tepat secara teratur. Pola tidur yang sehat dan tidur nyenyak, keduanya bergantung pada siklus sirkadian yang dinormalisasi dan cukup sekresi melatonin (sinyal tidur).

Namun, akibat penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan dan waktu layar yang panjang, siklus tidur anak menjadi berkurang. Tidur nyenyak sangat penting agar anak mampu berpikir kritis, meningkatkan memori, mood dan fokus.

Baca juga : 5 Hal yang Membuat Anak Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Bagaimana cara memastikan anak bisa tidur nyenyak?

Berikut beberapa tip yang bisa membantu orangtua membuat anak mereka tidur nyenyak dan pada gilirannya mampu mendongkrak fungsi otak.

  1. Pastikan sinar matahari pagi memasuki kamar tidur anak. Ini bisa membantu anak bangun pada waktu yang tepat dan tidur pun tepat waktu. Selain itu, pastikan untuk mematikan sumber cahaya lainnya, terutama lampu buatan di malam hari karena bisa menghambat tidur.
  2. Cobalah untuk menghindari cahaya dan lampu terang yang tidak alami pada malam hari, terutama sebelum anak pergi ke tempat tidur untuk membantu anak tidur dengan tenang.
  3. Pastikan anak mengikuti jadwal tidur reguler secara tetap. Hal ini membutuhkan tanggung jawab orangtua untuk membuat anak-anak makan dan tidur tepat waktu. Mungkin sulit pada awalnya membuat anak tidur dengan cepat, tapi seiring berjalannya waktu, anak bisa menyesuaikan diri dan mematuhi jadwal tidur.

Baca juga : Risiko Jika Tidur Terlalu Lama yang Jarang Diketahui

Sumber : Help Your Child Sleep Better To Sharpen His Brain