#WelcomeMyLovelyBaby: Posisi yang Tepat dan Nyaman Menyusui Bayi Baru Lahir, Hingga Frekuensi Bayi Menyusu Setiap Harinya

By Finna Prima Handayani, Selasa, 4 Desember 2018 | 17:47 WIB
#WelcomeMyLovelyBaby: Posisi yang Tepat dan Nyaman Menyusui Bayi Baru Lahir, Hingga Frekuensi Bayi Menyusu Setiap Harinya (freepik)

Nakita.id - Seorang ibu baru sering mengalami kebingungan saat harus menyusui bayinya, karena mereka harus mencari posisi menyusui yang tepat agar ia dan bayi bisa nyaman.

Bukan sekadar nyaman, ternyata posisi menyusui pun bisa berpengaruh pada kesuksesan bayi menyusu pada Moms kala itu, karena jika Moms salah memosisikannya, bisa jadi bayi tidak ingin menyusu.

Pada dasarnya, menentukan posisi menyusui yang tepat sudah bisa dipelajari sejak Moms masih hamil, agar ketika bayi sudah lahir, Moms tidak lagi kebingungan akan hal tersebut.

“Karena kalau baru dipelajari setelah bayinya sudah lahir, malah jadi panik, karena bayi sudah keburu nangis. Nanti ibunya juga jadi baper duluan,” ujar dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A, IBCLC.

Baca Juga : #WelcomeMyLovelyBaby: Pentingnya Proses Inisiasi Menyusui Dini dan Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir

Menurut Wiyarni, posisi menyusui yang paling baik adalah posisi yang nyaman menyesuaikan kondisi masing-masing ibu dan bayi.