6 Masalah Kulit yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Cara Menuntaskannya

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 14 September 2017 | 01:30 WIB
Aneka Masalah Kulit Saat Hamil (Ipoel )

Nakita.id - Ibu hamil memiliki beberapa keluhan yang menjadi sebab ketidaknyamanan. Salah satunya ialah masalah kulit yang menjadi mudah sekali muncul dan sulit hilang. Berikut ulasan 6 di antaranya serta cara bagaimana menuntaskannya.

Baca juga : Aneka Masalah Kulit Saat Hamil

- Masalah Kulit 1: Jerawat Merah dengan Rasa Nyeri di Wajah

Jerawat akan sering muncul untuk pertama kalinya atau bisa juga dalam bentuk yang lebih parah selama kehamilan, kata Joshua Zeichner, M.D., seorang ahli kulit di New York City.

Proses tubuh yang menghasilkan peningkatan kadar hormon juga merangsang kelenjar minyak ibu selama hamil. Dan kombinasi kelebihan minyak, keringat, kotoran, dan make up menyebabkan tempat berkembang biak bagi jerawat.

Cara mengatasi: Gunakan produk yang mengandung asam salisilat. Dalam bentuk kemasan kotak seperti obat pada umumnya, obat ini umumnya dianggap aman saat Ibu hamil atau menyusui.

Kemampuan pengelupasan alami akan mengurangi ukuran pori-pori tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut. Untuk tambahan, oleskan produk khusus jerawat sebagai perawatan rutin.

- Masalah Kulit 2: Jerawat di Tubuh

Jerawat tubuh adalah kondisi gangguan kulit saat kehamilan yang umum, terutama di cuaca panas, kata Whitney Bowe, M.D., seorang dermatolog New York City.

Berat tubuh ekstra ditambah dengan panas dan lembapnya cuaca dapat menyebabkan Ibu berkeringat lebih banyak.

Kemudian saat keringat dan minyak membasahi kulit tubuh, hasilnya adalah penumpukan bakteri penyebab jerawat di pori-pori.

Cara mengatasi: Ganti pakaian yang basah akibat keringat dengan segera. Dan jika tidak ada waktu mandi, gunakan produk deodoran yang aman khusus ibu hamil.

Baca juga : Daftar Masalah Kulit yang Umum Terjadi di Akhir Kehamilan

- Masalah Kulit 3: Wajah dan Kulit Berminyak

Ketika hormon kehamilan mengirimkan kelenjar minyak ke dalam tubuh, hasilnya adalah sebum ekstra yang menyebabkan kulit tampak mengilap karena berminyak.

Cara mengatasi: Mulailah dengan produk scrub (krim yang teksturnya tidak lembut). Selanjutnya, oleskan tabir surya yang dirancang untuk kulit berminyak.

Untuk tambahan, oleskan serum yang juga berfungsi sebagai primer sebelum menggunakan makeup.

- Masalah Kulit 4: Jerawat di Bagian Dagu

Hormon selama kehamilan bisa dikatakan sebagai penyebab utama yang membuat perempuan sering memiliki jerawat di dagu, kata Dendy Engelman, M.D., seorang ahli kulit di New York City.

Cara mengatasi: Bersihkan dan kunci pori-pori dengan menggunakan produk pembersih yang ampuh tapi juga aman dan tutupi warna kemerahan dengan menggunakan concealer saat sedang ingin makeup.

Baca juga : Masalah Kulit Pada Mama Hamil

- Masalah Kulit 5: Kantong Mata

Hal ini tak lain dan tak bukan disebabkan karena selama hamil Ibu akan sulit tidur nyenyak.

Cara mengatasi: Kurangi bengkak pada mata dengan mengoleskan masker mata yang berbentuk gel. Masker ini akan memberikan sensasi kesegaran dan dingin. Ibu juga bisa menyimpannya di lemari es untuk pendinginan ekstra!

Untuk menghilangkan lingkaran hitam di area mata, gunakan concealer yang lebih cerah ketika Ibu hendak berpergian atau sedang ingin menggunakan makeup.

- Masalah Kulit 6: Melasma

Kondisi ini merupakan pemicu hormon yang menyebabkan bintik hitam muncul, termasuk di wajah. 

Cara mengatasi: Untuk mengangkat flek hitam yang menyebabkan warna kulit tidak rata, cobalah melakukan pengobatan dan perawatan yang dianjurkan dokter kandungan. Jika hendak berpergian, Ibu bisa menyamarkannya dengan penggunaan foundation dan bedak. (*)