Daftar Makanan yang Perlu Dikonsumsi Saat Hamil Agar Bayi Lahir Putih, Bersih dan Wangi

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 14 September 2017 | 03:00 WIB
Kulit bayi lahir putih dan bersih? Cukup konsumsi makanan yang tepat (Santi Hartono)

Nakita.id – Saat bayi lahir pastinya Ibu menginginkan kulit bayi yang putih dan bersih. Meski tak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan bisa membuat bayi lahir putih dan wangi, Ibu memang bisa mengonsumsi makanan yang baik untuk perkembangan kulitnya selama dalam kandungan.

Baca juga: Mam, kalau ingin tahu kepintaran apa yang menonjol pada si Kecil, manfaatkan alat ukur Smart Strength Finder yang akan ditemukan setelah mengisi registrasi Parenting Club. Jika registrasi berhasil,  Mam akan mendapatkan voucher belanja senilai Rp50.000,-. 

1.Kentang

Kentang kaya akan gizi seperti vitamin B6, pottasium, vitamin C, zat besi serta betakaroten. Kandungan beta-karoten dalam kentang akan membantu penyerapan vitamin A. Hal ini akan membantu perkembangan mata, tulang serta kulit bayi.

Tak hanya itu, kentang juga mengandung zat besi yang kadang kali dilupakan bagi Ibu hamil. Ibu yang memiliki berat badan berlebih saat hamil bisa menjadikan kentang sebagai bahan makanan pengganti karbohidrat.

Baca juga: Pilihan Makan untuk Ibu Hamil Muda yang Mual Muntah 

2.Salmon

Banyak yang bilang kalau ikan-ikanan jadi jenis makanan yang perlu dikonsumsi agar bayi lahir putih dan wangi. Asam lemak omega-3 dalam ikan berkontribusi dalam produksi neuron. Neuron merupakan saraf yang mengirim impuls ke otak ke organ tubuh yang berfungsi untuk pembentukan organ tubuh.

Sumber omega-3 yang baik untuk dikonsumsi antara lain telur, daging merah, tahu dan bayam. Dalam mengonsumsi ikan, ada baiknya Ibu memilih ikan yang sudah dimasak dengan matang untuk mengurangi paparan bakteri berbahaya bagi kehamilan.

Baca juga: Ibu, Ini Makanan Wajib Agar Kehamilan Sehat di Trimester Pertama

3.Telur

Kandungan protein dalam telur sangat dibutuhkan untuk perkembangan sel dan hormon baru yang mendorong pertumbuhan janin dalam kandungan. Ibu perlu mendapatkan asupan ekstra 10 gram per hari saat hamil. Selain itu, protein bisa didapatkan dari daging ayam dan sapi tanpa lemak.