Berita Kesehatan : Manfaat Tes Darah, Dari Deteksi Kanker Hingga Prediksi Waktu Kematian

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 4 Desember 2018 | 14:16 WIB
Manfaat tes darah, dari mendeteksi kanker hingga mengetahui waktu kematian. ()

 

 

Nakita.id.- Para ilmuwan dan peneliti sejak lama mengakui bahwa tes darah sebagai salah satu prosedur yang paling bermanfaat bagi manusia, di samping tes urine atau air seni.

Awalnya tes darah banyak digunakan untuk mendeteksi diabetes, yaitu mengecek kadar glukosa dalam tubuh agar seseorang terhindar dari efek samping sakit gula.

Baca Juga : Berita Kesehatan: 2 Obat Darah Tinggi Ini Ditarik Dari Peredaran Karena Memicu Kanker!

Tetapi dalam perjalanannya, ternyata tes darah juga memiliki kegunaan lain yang mungkin tak pernah diduga sebelumnya.

Berikut ini manfaat tes darah, dari mendeteksi kanker hingga mengetahui kematian seperti dilansir dari laman prevention.com;

1. Mendeteksi 14 jenis kanker

Risiko kanker memang dapat diprediksi dengan tes darah, namun belum semua jenis kanker bisa diketahui dari tes sederhana ini.

Tapi tim peneliti dari Arizona State University berhasil mengembangkan tes darah yang dapat mendeteksi 14 jenis kanker yang berbeda, mulai dari kanker paru hingga prostat.

Menurut peneliti, di dalam darah manusia ada 'immunosignature' yang tak ubahnya sidik jari. Bedanya, 'immunosignature' membedakan penyakit yang diidap satu orang dengan lainnya.

Baca Juga : Khusus Pecinta Kopi: Cara Mengukur Konsumsi Kafein Dengan Takaran Tepat Agar Manfaatnya Optimal

Ketua tim peneliti, Prof Phillip Stafford bahkan mengklaim tes darah yang dikembangkan timnya dari Biodesign Institute, Arizona State University ini memiliki tingkat akurasi hingga mencapai 98%