Ini Yang Dilakukan Nicky Tirta Saat Mengalami Hambatan Menjalani Peran Ayah

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 18 September 2017 | 05:30 WIB
Yang Dilakukan Nicky Tirta Saat Mengalami Hambatan Menjalani Peran Ayah (Santi Hartono)

Nakita.id - Setelah dikaruniai anak perempuan bernama Naara Ellyana Tirta, artis sekaligus pembawa acara Nicky Tirta mengaku ingin tambah momongan.

"Nambah lagi mau sih. Ya, soon lah," tuturnya.

Akan tetapi, laki-laki berusia 34 tahun ini belum bisa memastikan waktu menjalani program kehamilan bersama sang istri. Tapi yang pasti, ia berharap jarak usia dengan anak pertamanya ini tak terlalu jauh.

Nicky menceritakan pada awalnya ia belum terbiasa dengan tanggung jawab serta menjalani peran sebagai ayah.

Baca juga : Usia Ayah Dapat Mempengaruhi Perkembangan Sosial Anak

Namun hal ini bukan membuatnya pasrah dan menyerah, ia kerap mencari solusi dengan cara berkonsultasi dan saling menceritakan masalah ini dengan saudara yang berpengalaman. Dan cara ini berhasil!

"Dulu pas masih bayi gimana caranya ini itu. Mentok-mentok paling nanya di 'Mbak Google', kalau mentok ke dokter, dan saudara," ungkapnya.

Ia mengaku aktif dan tak malu bertanya sana sini dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Hal ini membuatnya berhasil menjalani peran ayah dengan lebih baik, terutama untuk anaknya yang kini genap berusia empat tahun.

Baca juga : Ayah, Hindari Aktivitas Ini Bila Bersama Bayi

Menjadi ayah memang penuh tantangan. Namun, ada lima cara yang boleh diintiip, bagaimana agar menjadi ayah yang baik;

1. Berperan lebih aktif. Jika Ayah tidak mulai mengambil inisiatif, mereka tidak akan pernah dapat mengasumsikan tanggung jawab dalam mengasuh anak sesuai dengan kebutuhan.

Aktiflah dalam memerhatikan pasangan ketika sedang mengurus dan mengasuh anak-anak setiap harinya dan jangan malu untuk bertanya kepada istri ketika mengalami kesulitan.