Terungkap, Hal Sepele Ini Jadi Penyebab Mengapa Berat Badan Susah Turun Usai Melahirkan

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 19 September 2017 | 05:00 WIB
Ratakan perut dalam 30 hari dengan cara sehat (Saeful Imam)

Nakita.id – Sesudah melahirkan kok berat badan tak kunjung turun? Mungkin metode diet yang salah atau olahraga yang kurang keras ya? Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan penyebab mengapa seseorang susah menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Obesity menemukan bahwa keberhasilan diet juga ditentukan oleh jumlah bakteri baik dalam usus. Peneliti yang berasal dari Denmark ini melihat secara khusus raiso bakteri Prevotella dan Bacteroides pada 62 orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Baca juga: Ternyata, Dengan Bangun Pagi Kita Bisa Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan Berlebih

Hasilnya, peserta menurunkan berat badan lebih banyak sekitar 7 kilogram jika mereka memiliki bakteri baik dalam usus. Lalu bagaimana caranya agar kita punya bakteri baik dalam sistem pencernaan?

“Studi ini juga menunjukkan bahwa kesulitan menurunkan berat badan karena kurang makan buah sayur atau makanan yang berserat tinggi,” kata Mads F. Hjorth, ujar profesor studi dan nutrisi di University of Copenhagen.

Artinya, Ibu pun perlu banyak mengonsumsi serat untuk mempercepat penurunan berat badan. Dalam satu hari sebaiknya Ibu mengonsumsi 25 gram serat. Berikut daftar makanan alami yang mengandung serat tinggi.

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Berat Badan Sulit Turun Usai Melahirkan 

1.Pir

Pir adalah buah yang lezat, manis dan kaya manfaat. Siapa sangka buah ini jadi salah satu sumber serat yang terbaik. Satu buah pir sedang mengandung 5,5 gram serat.

2.Alpukat

Meskipun buah ini dibilang buah berlemak, alpukat sendiri mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Buah kaya vitamin dan mineral mengandung 10 gram serat dalam satu buahnya.

3.Apel