Atasi Penyakit Vertigo dengan Manuver Epley, Begini Panduannya!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Senin, 10 Desember 2018 | 13:19 WIB
Moms alami vertigo, hilangkan dengan cara ini Moms! (Lifestock)

 

Nakita.id - Vertigo adalah salah satu jenis sakit kepala, dimana penderitanya akan merasa kepala seperti berputar atau melayang.

Kondisi ini ditandai dengan gejala tertentu seperti mual dan muntah, sakit kepala abnormal, berkeringat, telinga berdenging, adanya gangguan pendengaran, penglihatan ganda dan sulit berkonsentrasi.

Dalam kasus yang ekstrem, pasien bahkan tidak dapat menggapai kakinya dan mengalami pusing yang parah setidaknya selama setengah jam.

Ada beragam penyebab terjadinya vertigo pada seseorang.

Baca Juga : Sakit Kepala Sering Kambuh, Bedakan Antara Migrain dan Vertigo!

Benign positional paroxysmal vertigo (BPPV) menjadi penyebab umum dimana terjadi penumpukan endapan di telinga bagian dalam.

Telinga bagian dalam bertanggung jawab terhadap keseimbangan tubuh, sehingga jika ada masalah maka gerakan tertentu akan mengakibatkan sensasi berputar dalam kurun waktu tertentu.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of British Columbia, mayoritas orang memiliki prevalensi sebanyak 2,4% untuk mengalami BPPV.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini 8 Gejala Pembekuan Darah yang Sering Dianggap Sepele

Selain itu, dalam suatu riset yang dipublikasikan dalam the journal Advances in Otolaryngology pada 2014 disebutkan, 50% kasus BPPV ini bisa terjadi secara berulang.