Catat! Ini 3 Mitos Melahirkan yang Ternyata Disalahkan Para Ahli

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 28 September 2017 | 07:45 WIB
Persalinan Macet Setelah Berjam-jam Proses Melahirkan (Dini)

Nakita.id - Melahirkan merupakan momen terpenting bagi setiap perempuan yang pada akhirnya akan menjadi seorang ibu. Tapi ada sejumlah mitos yang kadang membuat mereka menjadi panik dan ketakutan untuk melahirkan, baik normal atau sesar.

Karenanya, Dr. Dena Bloomenthal akan membantu menghilangkan beberapa mitos tentang melahirkan yang umum dan semoga membuat para ibu hamil lebih rileks dalam menghadapi proses persalinan nantinya.

(Baca juga : Terungkap! Begini Rahasia Melahirkan Alami Tanpa Rasa Sakit)

Mitos persalinan # 1: Ibu harus mencoba melahirkan alami

Jika Ibu melahirkan secara alami, tanpa obat penghilang rasa sakit, maka ada hal-hal yang perlu Ibu persiapkan sebelumnya. Memilih untuk melahirkan tanpa epidural memiliki risiko tinggi, terutama dalam hal rasa sakit. Dr. Dena menjelaskan bahwa memiliki pengalaman bersalin alamiah ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

"Saya melihat ibu hamil sepanjang hari," katanya dari kantornya di B.C Women's Hospital.

Ia menjelaskan, banyak ibu hamil yang akhirnya pergi ke kelas pra-kelahiran dan menyewa doula (yang membantu saat persalinan), kemudian mereka menuliskan rencana kelahiran secara alami.

Namun, sembilan dari sepuluh perempuan yang melakukannya tidak mampu bertahan dan meminta semacam kontrol rasa sakit.

"Saya pikir orang begitu keras terhadap diri mereka sendiri, dan ada banyak tekanan untuk (melahirkan) 'alami' dan tidak memiliki kontrol rasa sakit," ucap Dr. Dena meyakinkan.

Beberapa perempuan sebenarnya menginginkan kelahiran bayi yang normal, namun ada juga yang harus berakhir di atas meja operasi atau diberi obat pengurang rasa sakit. Tentu saja ini sangat wajar.

Menurut pandangan Dr. Dena, lakukan apa pun yang perlu Ibu lakukan terhadap diri sendiri demi mendapatkan bayi sehat dan yang terpenting, jangan paksa diri Ibu sendiri.

Baca juga : Yang Terjadi pada Tubuh 24 Jam Setelah Melahirkan