Berita Kesehatan: Ini Kondisi Ibu Hamil Yang Dapat Menganggu Kesuburan Sperma Janin

By Fadhila Auliya Widiaputri, Jumat, 21 Desember 2018 | 14:29 WIB
Parotitis atau gondongan dapat mempengaruhi kesuburan janin laki-laki yang dikandung ibu hamil (freepik)

Nakita.id - Moms sebaiknya berhati-hati, ada sejumlah masalah kesehatan ibu hamil yang ternyata dapat mengganggu kesuburan sperma janin laki-laki.

Masalah kesehatan yang dimaksud ialah parotitis atau gondongan

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Beeloenie, BMedSc, SpOG(K). 

"Untuk wanita, bila dia hamil, mengalami gondongan, dan anak yang dikandung laki-laki. Maka bisa menganggu kesuburan anaknya," ujarnya dalam acara "Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia: Bayi Tabung Pintar dan Terjangkau Sebagai Pilihan" yang diadakan di Madame Delima Restaurant, Jakarta, Selasa (18/12).

Baca Juga : Duh Sebaiknya Jangan Percaya Lagi 4 Mitos Kesuburan ini Moms!

Parotitis atau gondongan merupakan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar air ludah (parotis) yang diakibatkan oleh virus paramyxovirus.

"Virus parotitis ini bisa masuk ke plasenta barrier dan ke testis barrier sehingga menginfeksi proses spermatogenesisnya janin. 

Hal ini bisa mengganggu jumlah dan kualitas sperma janin di kemudian hari. Tergangu kerusakannya di mana," jelas Beeloenie.

"Oleh karena itu, kita biasanya akan kasih peringatan saat anaknya lahir. 'Ini kan infeksi parotitis nih ibu, ibu kan anaknya laki-laki. Jadi ada baiknya bila anaknya menikah diperiksa aja dulu analisa spermanya'," tambahnya. 

Baca Juga : Ini Penyebab 15 Orang di India Meninggal Dunia Setelah Konsumsi Nasi