Sering Merengek Saat Minta Sesuatu, Begini Cara Sharena Delon Didik Anaknya Ryshaka Agar Disiplin dan Enggak Cengeng

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 6 Oktober 2017 | 01:15 WIB
Sering Merengek Saat Minta Sesuatu, Begini Cara Sharena Delon Didik Anaknya Ryshaka Agar Disiplin dan Enggak Cengeng (Santi Hartono)

Nakita.id - Banyak orangtua yang ingin menyerah saat berusaha keras mendidik anaknya yang tantrum atau sering merengek. Ini pula yang tengah dirasakan pesinetron Sharena Delon ketika mendidik anak semata wayangnya.

Kini, buah hatinya bersama Ryan Delon sudah genap berusia tiga tahun. Dan sebagai anak-anak normal seusianya pasti ada saja perilaku buruk yang dikembangkannya karena belum paham baik-buruk tentang suatu hal secara tepat.

Menurut akun Instagram pribadinya, Sharena membagikan tip pola asuhnya ketika Ry (panggilan Ryshaka) mulai merengek dan menangis ketika meminta sesuatu.

“Ry itu enggak tantrum-an. PUJI TUHAN! Paling sekalinya mau sesuatu dan enggak dikasih, Ry akan nangis bentar, kita cuekin (atau tegesin suruh STOP) and then udahan deh...paling terus dia bete,” tulisnya pada caption. Ternyata cara ini memang sudah diterapkan sejak awal oleh Ryan dan Sharena, bahkan sebelum Ry berusia 2 tahun.

Baca juga : Ternyata, Ada Cara Gampang Meminta Anak Berhenti Merengek

Nilai yang ditanamkan mereka sebagai orangtua salah satunya, ketika si kecil minta sesuatu dengan cara merengek atau menangis, mereka berdua tidak akan pernah memberikan apa-apa kepadanya.

Sharena mengungkapkan bahwa lambat laun Ry lebih paham dan mengerti mengapa cara merengek tidak akan memberikan solusi apapun. Meskipun terkadang Ry masih tetap berusaha dan ‘banyak akal’ untuk mendapatkan hal yang diinginkannya, perempuan 33 tahun ini tak akan mau mengalah.

“Jadi apapun yang disuruh lakukan he will still do the opposite atau didebatin (biar pun ujung-ujungnya dia juga yang kalah). Namun Ry pantang menyerah,” jelas Sharena.

Memang di usia ini, anak terus mengeksplor segala sesuatunya termasuk pelajaran sebab-akibat yang sering ia temui di sekelilingnya. 

Meskipun sering bikin jengkel, Ry tahu caranya menyesal dan minta maaf.

(Baca juga : Anak Merengek Terus? Atasi dengan Pola Asuh Ini)