Ibu Sibuk Bekerja Tak Punya Banyak Waktu untuk Anak? Tiru Kiat Andien Agar Tetap Dekat dengan Si Buah Hati

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 6 Oktober 2017 | 08:15 WIB
Ibu Sibuk Bekerja Tak Punya Banyak Waktu untuk Anak? Tiru Kiat Andien Agar Tetap Dekat dengan Si Buah Hati (Santi Hartono)

Nakita.id - Untuk sebagian ibu yang sambil bekerja dan masih memiliki bayi, ada perasaan dilema karena khawatir tidak bisa melakukan bonding dengan si kecil atau sekadar melihat tumbuh kembangnya secara optimal.

Ingin total dalam mengasuh dan mengurus anak sejak kecil, tapi ada saja yang membuat Ibu menunda dan tak punya banyak waktu di dekat buah hati

Nah, bagi yang memiliki pengalaman ini, yuk tiru cara dari penyanyi Andien Aisyah!

Punya karir sebagai seorang penyanyi dan telah diberi momongan yang belum genap satu tahun sempat membuatnya dilema dalam membagi waktu.

"Memang (menjadi ibu yang bekerja) itu jadi dilematis sih, cuma kita yakin bisa mencari cara yang paling enak. Nambah hari pasti nanti akan nemu keputusannya," tutur Andien yang dilansir dari laman Tribunnews.

(Baca juga : Orang Tua Masa Kini Lebih Suka Memanjakan atau Malas Mengurus Anak)

Dalam mencari solusi, Andien memutuskan untuk selalu bersyukur dan menghargai momen-momen di rumah bersama keluarga kecilnya tersebut.

Tak hanya itu, namun di setiap kesempatan perempuan 32 tahun ini juga selalu melibatkan Kawa, anaknya dalam kegiatannya bersama sang suami.

"Lakukan segala kegiatan dengan melibatkan anak. Karena di usia seperti ini yang jelas anak senang sekali ketika dia diajak terlibat sama kegiatan orangtuanya.”

“Kayak ngobrol, membahas di meja makan, dan itu sangat membantu buat proses bonding," tambah istri dari Irfan Wahyudi.

Andien sebenarnya juga sempat ingin menambah bantuan pengasuh untuk mengurus Kawa, tapi tidak jadi.

Ia tidak rela jika harus berbagi momen dalam membesarkan putra semata wayangnya tersebut dengan orang lain dan memilih turun tangan sendiri dibantu suami.

"Kalau aku kemarin ini suatu dilematis karena kita kerja, apa yang harus kita lakukan, nambah baby sitter atau apa, tapi akhirnya kita nambah asisten di tempat kerjaan," tutupnya.

(Baca juga : Para Ibu Baru Perlu Melakukan Ini Agar Tubuh Fit)

Melihat fakta ini, berdasarkan sebuah survei mengungkapkan, sebanyak 60% ibu membutuhkan waktu lebih lama untuk membangun bonding dengan bayi.

Jen Hamilton, seorang ahli dalam perawatan bayi mengungkapkan bahwa gambaran membangun bonding dengan bayi begitu cepat mungkin hanya ada di iklan dan film.

Kenyataannya ada banyak hal yang perlu dilakukan seorang ibu agar terjalin ikatan antara ibu dan anak. Kita juga perlu memikirkan ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi proses ini.

“Ada banyak faktor yang sulit dikontrol dalam membangun bonding dengan bayi seperti kesehatan ibu setelah melahirkan, bagaimana pengalaman hubungan antara sang ibu dengan anggota keluarga hingga kepribadian ibu sendiri,” ujar Jen.

Artinya, Ibu memang membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 bulan. Untuk memaksimalkan usaha Ibu membangun bonding, ada baiknya Ibu melakukan usaha seperti berikut ini.

(Baca juga : Ibu Lebih Mudah Stres saat Mengurus Anak daripada Ayah. Ini Alasan yang Tak Terduga)

Cobalah untuk mencari dukungan positif dari sekitar Ibu. Dalam fase ini, Ibu masih dalam proses pemulihan namun di sisi lain sudah harus mulai mengasuh anak.

Pastikan Ibu berkomunikasi dengan orang di sekitar jika merasa kesulitan. Ibu juga perlu meningkatkan intensitas waktu bersama bayi. Perbanyak sentuhan kulit dengan berbagai cara seperti memijat bayi.

Nah jika masih bingung, tanyakan kepada ahlinya dijamin dari waktu ke waktu Ibu semakin mahir dan sukses melakukan bonding dengan si kecil!