Takut Menyusui? 5 Hal Ini Wajib Ibu Tahu Lebih Dulu

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:00 WIB
Apa kondisi yang membuat Ibu dapat berhenti menyusui? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Sudah biasa bagi ibu hamil untuk merasa khawatir dengan proses menyusui. Hal ini terutama terjadi jika perempuan telah mendengar banyak cerita ‘horor’ tentang menyusui.

Seringkali kita hanya mendengar tentang negatifnya menyusui, seperti puting susu yang rusak, serangan mastitis berulang, sariawan, dan sebagainya.

Sebenarnya, meski menyusui itu alami, hal ini juga merupakan keterampilan yang bisa dipelajari. Dan, seperti semua keterampilan baru, menyusui bisa memakan waktu lama untuk bisa dipahami.

Berikut adalah 5 hal yang harus Ibu ketahui lebih dulu:

(Baca juga : 4 Alasan Mengapa Ibu Berhenti Menyusui)

# 1: Kebanyakan Ibu Dapat Memproduksi Susu yang Cukup untuk Bayinya. Mulai menyusui dari awal adalah langkah pertama untuk membangun dan memelihara persediaan susu yang tepat.

Setelah menyusui dimulai dengan tepat, jika susu dikeluarkan dengan baik dan sering (biasanya dengan memberi makan bayi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing), Ibu dapat terus memproduksi ASI yang dibutuhkan bayi.

Jika persediaan susu sedikit, berkonsultasilah dengan konsultan laktasi, yang dapat membantu Ibu menemukan cara untuk meningkatkan pasokan ASI.

Kesulitan dengan suplai yang rendah tidak berarti Ibu tidak bisa terus menyusui. Menggunakan suplemen menyusui bisa menjadi jawabannya.

# 2: Nyeri Puting. Nyeri puting dini biasanya bisa diatasi di minggu-minggu awal, saat bayinya menempel dan seorang ibu mengalami nyeri puting susu.

Kebanyakan ibu mengalami nyeri puting susu yang mulai berkurang setelah berminggu-minggu. Penting untuk mencari saran dari spesialis menyusui, seperti konsultan laktasi, jika Ibu mengalami kesulitan ini: Nyeri puting susu yang tidak berhenti setelah keterikatan awal, biasanya setelah sekitar 20 detik pertama.

(Baca juga : 4 Tantangan yang Bikin Ibu Gagal Menyusui)