Ini Dia Tip Perawatan Kulit Selama Kehamilan

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 22 Oktober 2017 | 00:00 WIB
tip perawatan wajah saat hamil (Santi Hartono)

Nakita.id - Kehamilan merupakan momen bahagia dalam hidup seorang perempuan. Saat-saat menanti kehamilan, hingga kemudian melahirkan, adalah masa yang mendebarkan. 

Namun menjaga kulit saat masa kehamilan juga penting karena saat masa kehamilan kulit wajah Ibu hamil akan cenderung berminyak. Berikut tip menjaga kulit saat masa kehamilan seperti yang disarankan Dr. Amy Newburger, MD, seorang ahli dermatologi dari Westchester, Inggris.

- Gunakan pembersih wajah. Cari yang mengandung non-residue atau gliserin (cairan kental yang tidak berwarna yang biasanya digunakan untuk sabun dan produk kecantikan).  Jika kulit Ibu kering maka beliau menyarankan untuk mencuci muka dengan pembersih tanpa sabun yang mengandung pelembab. Lalu cucilah muka dua kali sehari untuk menghindari wajah kering yang berlebih.

Baca juga: Agar Kulit Tidak Hitam dan Kusam Saat Hamil

- Pakai pelembab yang melindungi dari sinar matahari. Ibu dapat mengaplikasikan krim SPF (Sun Protection Factor ) 15 – 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar.  Angka SPF adalah penentu seberapa lama Ibu dapat berada di bawah sinar matahari, tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. 

- Gunakan juga masker dengan bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Dr. Newburger menjelaskan bahwa selama kehamilan, kadar hormon yang meningkat memicu memperbanyak sel pigmen, yang dapat menyebabkan mengelupasnya kulit wajah.

Baca juga: 5 Jenis Perawatan Kulit Yang Aman Bagi Ibu Hamil

- Pakai serum vitamin C. Jangan lupa juga gunakan serum wajah yang mengandung vitamin C untuk perawatan luar Ibu hamil, karena vitamin C dapat membantu menghambat produksi pigmen yang berlebih dan menambah elatis kulit.

- Untuk kulit berjerawat dan berminyak. Jika kulit Ibu berminyak atau berjerawat, Ibu mungkin akan mengalami jerawat parah selama trimester pertama kehamilan. Cara teraman untuk mengobati jerawat ini adalah dengan menggunakan produk yang mengandung asam glikolat (aasm lemak), asam alfa hidroksi (asam alami yan berada pada makanan seperti apel atautebu). Konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin B6 karena dapat membantu sistem imun dalam tubuh dan menghasilkan antibodi.

Baca juga: Obat Rumahan Murah Bisa Mengatasi Wajah Berminyak Ibu Hamil

- Jangan menggunakan make up tebal. Saat menggunakan make up saat hamil gunakan saja riasan yang tipis-tipis. Ini lebih cepat dan mudah , gunakan produk make up yang serbaguna, misalnya gunakan foundation untuk concealer juga untuk menutupi kantung mata dan noda wajah, gunakan juga lipstik yang mengandung pelembab.

- Hindari stres. Karena stres akan mengakibatkan kulit Ibu terllihat kusam. (*)