Vagina Mengeluarkan Flek Cokelat Saat Tak Hamil, Apa Tandanya?

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:30 WIB
Tanda paling umum dari keguguran adalah perdarahan dalam jumlah sedikit hingga banyak. (Santi Hartono)

Nakita.id - Bu, pernahkah mengalami vagina yang mengeluarkan sejenis cairan atau flek berwarna kecokelatan saat tak sedang hamil?

Normalnya, setelah mendapatkan menstruasi pertama, Ibu akan mengeluarkan keputihan yang warnanya jernih, bening atau putih (atau dikenal dengan leukore)

Meski keputihan yang sehat datang dalam berbagai warna, terjadinya perubahan warna dari yang biasa dialami Ibu bisa menjadi tanda sesuatu.

Muncul flek cokelat saat tak sedang berada dalam fase menstruasi dianggap penting, yang bisa jadi akibat warnanya yang begitu dekat dengan darah. Untungnya, dalam sebagian besar kasus, beberapa flek cokelat tidak perlu dikhawatirkan.

(Baca juga : Ada Flek Tanpa Nyeri Ketika Hamil, Apa Tandanya)

Kondisi ini menjadi tidak biasa jika Ibu mengeluarkan flek cokelat selama beberapa hari setelah menstruasi. Atau jika muncul cairan cokelat muda bahkan merah muda sekitar fase ovulasi.

Terkadang, cairan cokelat yang keluar dari vagina menunjukkan bahwa Ibu ekstra sensitif dan selalu memberikan reaksi lebih terhadap pemeriksaan vagina, tes Pap atau seks (terutama jika memang terlalu keras dan kuat).

Flek atau cairan merah muda atau kecokelatan selama beberapa hari sekitar waktu menstruasi Ibu juga bisa menjadi pertanda awal kehamilan dan seringkali perempuan tidak menyadarinya.

Ini disebabkan oleh perdarahan implantasi, yang terjadi saat sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim (biasanya lima sampai 10 hari setelah pembuahan).

Sulit pada tahap ini untuk membedakan apakah gejala fisik seperti kembung, pembengkakan payudara dan jerawat disebabkan oleh kehamilan atau sindrom pramenstruasi.

(Baca juga : Catat. Ini Jenis-jenis Cairan yang Keluar dari Vagina Ibu Selama Hamil)

Tapi jika Ibu mengalami flek atau perdarahan cokelat, baru-baru ini melakukan hubungan seks tanpa kondom, dan menstruasi terlambat beberapa hari, ada baiknya Ibu melakukan tes kehamilan.