Ini Dia, Tanda Awal dan Gejala Kehamilan (1)

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 26 Oktober 2017 | 05:15 WIB
7 Tanda-Tanda Hamil (Ipoel )

Nakita.id - Apakah benar Ibu sedang hamil, tentunya harap-harap cemas,ya untuk mengetahuinya.  Biasanya Ibu menggunakan alat tes kehamilan. Namun sebenarnya ada beberapa tanda kehamilan yang muncul beberapa minggu setelah pembuahan. 

Meskipun banyak perempuan tidak pernah merasakan gejala pada awal kehamilan, namun beberapa yang lain menderita seperti kelelahan, morning sickness, bercak atau flek darah dan payudara bengkak. Untuk lebih jelasnya, berikut tanda-tanda kehamilan yang umum;

(Baca juga : 7 Tanda-Tanda Hamil)

- Perdarahan atau terlambat menstruasi

Untuk 30 persen ibu baru, perdarahan seperti bercak atau perdarahan implantasi sebelum menstruasi (sekitar enam sampai 12 hari setelah pembuahan) bisa jadi pertanda bahwa embrio telah menanamkan dirinya ke dinding rahim, yang mungkin atau tidak disertai kram seperti menstruasi. Di sisi lain, mungkin Ibu telah melewatkan periode menstruasi biasanya.

(Baca juga : Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan Intim)

- Morning sickness atau nausea

Perasaan mual di perut yang dikenal sebagai morning sickness bisa menimpa ibu hamil setiap saat, atau mulai beberapa minggu yang singkat memasuki kehamilan. Hormon, terutama tingkat progesteron yang meningkat menyebabkan perut menjadi mual hebat.

Mual dan muntah bisa menyerang perempuan yang baru hamil segera setelah pembuahan, tapi kemungkinannya akan dimulai sekitar minggu ke-6.

- Kelelahan

Selama awal kehamilan, sejumlah besar energi masuk ke dalam guna membangun plasenta, sistem pendukung kehidupan untuk bayi. Semua ini bisa menyebabkan ibu hamil mudah merasa lelah walau sedang beraktivitas normal.

- Sensitivitas terhadap bau