Ingin Bayi Lebih Sehat? Mintalah Ayah untuk Melakukan 3 Hal Sederhana Ini

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 27 Oktober 2017 | 04:30 WIB
Periset dari University of Cincinnati, AS melakukan beberapa penelitian dan mendapat kesimpulan, jika Ibu menginginkan bayi yang lebih sehat, mintalah sang ayah untuk konsumsi makanan bergizi! (Santi Hartono)

Nakita.id - Kita semua pasti tahu pentingnya pola makan ibu hamil agar janin yang dikandungnya sehat. Tapi, siapa sangka diet ayah bisa memengaruhi bayi juga?

Nah, periset dari University of Cincinnati, AS melakukan beberapa penelitian dan mendapat kesimpulan, jika Ibu menginginkan bayi yang lebih sehat, mintalah sang ayah untuk konsumsi makanan bergizi!

Kita sering membaca bahwa sifat tertentu adalah genetik, yang diwariskan ke anak melalui gen dari orangtua.Namun, tidak semua gen dianggap oleh sel dan akan digunakan.

Lingkungan sitoplasma memainkan peran dan sampai batas tertentu, sel memutuskan gen mana yang akan digunakan dan gen mana yang harus dibiarkan.

Sederhananya, ketika sampai pada beberapa gen, sel akan memilih mana yang terbaik dari semuanya. Jadi, saat pasangan telah melahirkan, ayah akan meneruskan gennya.

(Baca juga : 6 Tanda Bayi Tumbuh dengan Sehat)

Berdasar hal ini,  para periset Michal Polak dan Joshua Benoit membuat percobaan yang terperinci untuk melihat bagaimana nutrisi pria berperan dalam hasil kesehatan anak.

Untuk percobaan ini, para ahli biologi memilih lalat buah sebagai bahan penelitian. Jadi, para ahli biologi menjaga pola makan lalat buah betina tetap konstan, dengan makanan bergizi yang baik.

Lalat buah jantan yang berbeda diberi makan berbagai jenis makanan konstan, mulai dari kalori, karbohidrat, dan protein. Kemudian, jantan dikawinkan dengan betina, dan lalat buah bayi diperiksa kesehatannya.

Ditemukan bahwa keturunan dari mereka yang memiliki cukup protein dan sedikit gula cukup sehat. Ini bisa diterapkan pula kepada manusia, dengan menekankan pentingnya diet seimbang.

(Baca juga : 8 Tanda Bayi Sehat)

Dari kesimpulan penelitian itu didapat, apa yang ayah makan akan memengaruhi generasi yang akan datang. Jadi inilah 3 hal yang perlu ayah lakukan jika ingin bayi hidup lebih sehat!