Tanda Infeksi yang Harus Diwaspadai Setelah Operasi Sesar

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 30 Oktober 2017 | 09:00 WIB
Luka Jahitan Sesar Sembuhnya Lama? (Ipoel )

Nakita.id - Pemulihan setelah menjalani operasi sesar memang butuh waktu lebih lama dibandingkan persalinan normal. Tapi, yang perlu menjadi perhatian ialah tanda infeksi yang bisa terjadi.

Pada kondisi normal, setelah operasi sesar Ibu akan merasakan hal-hal berikut:

- Nyeri di lokasi bekas sayatan: Hal ini dikarenakan operasi sesar adalah operasi perut besar, di mana lapisan jaringan dipotong dan ditembus untuk mencapai rahim sehingga ada rasa nyeri setelah tindakan operasi. Rasa sakit seperti ini biasanya mereda dengan asupan obat penghilang rasa sakit.

- Kulit kering di lokasi bekas sayatan: Kulit akan mengering saat bekas luka sembuh, tapi ini tidak akan menyakitkan. Krim obat yang diresepkan dokter bisa menjadi solusi untuk menjaga agar area tersebut tetap bersih dan tidak kering.

- Timbulnya rasa gatal: Kondisi ini mengikuti kulit kering seperti yang terjadi pada bekas luka yang sembuh. Namun jangan digaruk karena bisa menyebabkan perdarahan di kemudian hari. Bila rasa gatalnya terlalu parah, segera ke dokter.

- Berkeringat: Lokasi sayatan turun di bawah lipatan kulit Ibu (terjadi pada kebanyakan perempuan dengan kelebihan berat badan) menyebabkan berkeringat banyak karena kelembapan.

(Baca juga : Mengatasi Keluhan Usai Operasi Sesar)

Jika infeksi muncul di lokasi sayatan, maka hal ini bisa menunda proses penyembuhan dan membutuhkan lebih banyak perhatian dan perawatan.

Kadang-kadang, Ibu mungkin berpikir bahwa sedikit rasa sakit dan bengkak bukanlah hal berbahaya, tapi sebenarnya kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya masalah. Ada kemungkinan Ibu terkena infeksi atau sepsis.

Sebaiknya, Ibu jangan menunda tindakan dan segera bertemu dengan dokter untuk menghindari terjadinya kondisi parah.

(Baca juga : Cara Mudah dan Cepat agar Luka Sesar Cepat Sembuh)

Menurut Dr. Beena Jeysingh dari Motherhood Hospitals di Bengaluru, India, inilah tanda-tanda yang perlu diwaspadai  pada luka pascasesar: