Anak Malas Sikat Gigi? Ini yang Sebaiknya Ibu Lakukan

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 31 Oktober 2017 | 06:30 WIB
Kapan Anak Perlu Pasta Gigi untuk Menggosok Gigi? (Dini)

Nakita.id - Kegiatan menyikat gigi di kalangan anak-anak memang tak semudah yang dilakukan orang dewasa pada umumnya. Dibutuhkan kesabaran dan telaten dalam mengingatkan dan mengajarkannya setiap kali bangun tidur di pagi hari dan setelah makan malam.

Tapi, bagaimana jika anak terlalu malas menyikat gigi? Apakah Ibu harus menggunakan cara mengancam untuk menghukum anak agar ia mau menyikat gigi?

Jawabannya tidak!  "Anak-anak sering 'malas' melakukannya (menyikat gigi) karena mereka terlalu lelah," kata Dr Rashid Tahir, seorang dokter gigi anak-anak di The Kids Dentist. 

Karena kondisi ini, Dr Rashid Tahir membagikan tip yang dapat membantu Ibu mengajak anak menyikat gigi tanpa paksaan.

(Baca juga : Kapan Anak Perlu Pasta Gigi untuk Menggosok Gigi)

1. Jangan menunggu sampai anak mengantuk

Umumnya orangtua akan menunggu anak-anaknya mengantuk, dan sebelum beranjak ke kamar tidur, anak diminta menyikat gigi. Nyatanya,  ini bukan cara yang tepat!

Mengapa? Menunggu anak mengantuk adalah saat anak sudah begitu lelahnya beraktivitas, dan bila Ibu memaksanya, anak akan melawan dengan amukan atau tangisan.

Saat malam hari, mintalah anak menyikat gigi sebelum waktu tidurnya, setelah anak-anak menyelesaikan semua makanan dan minumannya.

2. Saat sarapan sudah disajikan

Waktu menggosok gigi yang ideal bagi anak-anak di pagi hari ialah ketika anak sudah menghabiskan seluruh sarapannya, bukan ketika ia baru membuka matanya.

Di pagi hari, ketika Ibu ingin membangun mood-nya dengan baik, tunggulah anak benar-benar terjaga dan sadar untuk memulai aktivitas. Dengan begini, waktu menggosok gigi anak tidak akan disertai tangisan atau emosi yang meledak.