Begini Cara Tepat Kenalkan Rasa dan Tekstur Makanan Pada Bayi

By Soesanti Harini Hartono, Selasa, 31 Oktober 2017 | 11:00 WIB
Pilihan Sayuran dan Buah Pertama untuk MPASI (Dini)

Nakita.id - Banyak cara alternatif untuk mengembangkan semua alat indera bayi, salah satunya cara melatih kepekaan rasa terhadap makanan.

Hal ini penting baginya untuk bisa mengembangkan rasa dengan baik, sehingga pola makannya lebih terjaga ketika tumbuh lebih dewasa dan bukan menjadi pemilih.

"Mengajarkan anak-anak untuk menghargai berbagai macam makanan sama pentingnya dengan keterampilan hidup lainnya," ungkap seorang ahli diet yang terkemuka The Baby Steps, Diana K. Rice, R.D.

"Tidak hanya akan membantu mereka secara teratur dalam mengonsumsi makanan yang lebih bergizi, tapi juga sangat penting untuk keterampilan sosial di kemudian hari," tambah Diana.

Ibu yang memberikan ASI termasuk salah satu cara bayi belajar mengenal rasa dan tekstur. Tapi bagaimana langkah tepat agar Ibu dapat melakukannya?

Berikut adalah cara untuk melakukannya dengan benar:

Baca juga : Tip dan Trik Bila Bayi Menolak MPASI

1. Jangan hanya memberikan apa yang anak inginkan. Bila Ibu memiliki anak yang telah berusia 3 tahun, maka Ibu akan melihat anak yang mulai memilih makanan.

Untuk menghindari waktu makan si kecil yang rewel, cobalah memberikan anak wortel yang telah ditumbuk halus. Sebaiknya hindari memberi makan bayi sesuai dengan yang diinginkannya saja.

Bila anak mulai suka dengan satu sayuran, Ibu bisa memberikannya dalam jangka waktu sekitar seminggu agar anak ingat rasa dari sayuran tersebut.

Bayi yang sulit makan juga bisa diatasi dengan memberikan sedikit susu dalam makanan padat sebagai penambah rasa, bisa juga dengan rempah-rempah alami yang menyehatkan lainnya.

2. Membuat makan bersama keluarga menjadi penting. Makan bersama dengan keluarga tidak hanya membuat waktu makan menjadi menyenangkan, tetapi hal ini penting sebagai fase mengenalkan rasa pada bayi sejak dini.