Ini Dampak Baik yang Tak Terduga Bila Anak Merasa Bosan

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 1 November 2017 | 04:00 WIB
Tak Apa Membiarkan Anak Merasa Bosan Sesekali (Gisela Niken)

Nakita.id - Walau rak sudah penuh dengan buku, mainan yang tak terhitung jumlahnya hingga gadget hiburan yang tersedia, anak masih saja merengek bahwa ia bosan.

Louise Favaro, head of Student Services di Chatsworth International School menuturkan, "Ketika seorang anak mengekspresikan kebosanan pada orangtua, hal itu dipandang sebagai masalah yang perlu diperbaiki. Karena orangtua sering jatuh ke dalam perangkap untuk mencoba memenuhi kebutuhan setiap anak mereka, jadi ketika sampai pada kebosanan, respons mereka adalah dengan melompat masuk dan mencoba menyelamatkan anak dari kebosanan," tambahnya.

Dengan kata lain, orang tua merasa bertanggung jawab saat anak mereka bosan, dan mereka cenderung merespons dengan memberi anak kegiatan yang lebih terstruktur. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa hal ini sebenarnya kontraproduktif.

Baca juga : Ternyata, Merasa Bosan itu Baik untuk Anak

Anak-anak membutuhkan waktu bosan agar berhenti sejenak untuk memahami apa yang telah mereka pelajari dan alami. Ketika anak-anak dihadapkan pada kebosanan, mereka memiliki dorongan untuk menjadi kreatif dan mandiri.

Waktu yang tidak terstruktur memungkinkan anak-anak memiliki kesempatan untuk terlibat dan mencari tahu bagaimana menggunakan waktu senggang mereka atau mereka tidak akan pernah belajar mengelolanya.

Kuncinya adalah pendekatan seimbang dalam memerangi kebosanan, menuruut Dr Lim Boon Leng, seorang psikiater di Gleneagles Medical Center.

"Jika Ibu memberikan struktur dan aktivitas yang berlebihan untuk anak setiap menitnya, ia akan kehilangan kesempatan untuk menjelajahi dunia dalam dan luar dirinya sendiri."

Baca juga : Tak Apa Membiarkan Anak Merasa Bosan Sesekali

"Memiliki waktu bosan atau tidak terstruktur memberi anak waktu untuk memikirkan perasaannya sendiri dan untuk lebih memahami dirinya sendiri. Jika Ibu menahan diri untuk tidak bereaksi saat anak bosan, ia tidak hanya akan belajar menjelajahi dunia batinnya, tapi juga mulai menjelajahi dunia luar."

Anak akan lebih peka dengan lingkungan sekitarnya dan akan mengandalkan kreativitas dan imajinasinya sendiri untuk bermain, seperti menggunakan penggaris sebagai pedang dan menumpuk buku untuk membentuk menara, " tambahnya.

"Cara terbaik untuk membantu anak yang bosan adalah tidak melakukan apa-apa!" kata Dr Lim.