Solusi Diet Sehat Bagi Penderita Asma Akut

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 3 November 2017 | 11:00 WIB
Makanan Ini Dapat Meredakan Sindrom Pra Menstruasi (PMS) (Puri)

Nakita.id - Penyakit yang satu ini menyerang paru-paru dalam jangka panjang yang kronis karena dapat mempersempit saluran udara. Asma menyebabkan periode berulang terjadinya mengi, sesak dada, sesak napas dan batuk.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gizi buruk adalah salah satu alasan mengapa asma sering kumat.

Di Amerika Serikat misalnya, telah terjadi peningkatan drastis jumlah pasien asma dan diyakini bahwa satu alasan utamanya adalah perubahan pola makan.

Saat ini, banyak orang yang mencoba pengobatan homeopati untuk mengobati asma dan menghasilkan kesembuhan terbaik.

Jika saat ini Ibu hendak memperbaiki rencana diet yang lebih sehat, pilihlah deretan makanan ini yang baik untuk penderita asma akut.

Baca juga : Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asma

1. Buah Segar: Buah adalah sumber antioksidan dan beta karoten yang kaya dan telah terbukti dalam penelitian mampu mengurangi risiko terkena asma bila dikonsumsi sejak kecil.

Beberapa buah yang mengandung vitamin C dan E dalam jumlah banyak adalah kiwi dan jeruk. Buah seperti ini ampuh mengurangi pembengkakan paru-paru.

2. Sayuran Segar dan Hijau: Sayuran berdaun segar dan hijau membuat rencana diet yang baik untuk pasien asma akut.

Sayuran ini mengandung sejumlah besar vitamin dan flavonoid yang menghancurkan radikal bebas di tubuh. Radikal bebas ini adalah racun dalam tubuh yang dapat memperburuk kondisi asma.

3. Kacang-kacangan: Kacang tinggi akan kandungan magnesium dan vitamin E, yang bisa menjadi kudapan sehat untuk penderita asma.

Magnesium melindungi tubuh terhadap mengi yang menyertai asma, sedangkan vitamin E meningkatkan kekebalan tubuh, sekaligus melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan pembengkakan.