Banyak Manfaatnya untuk Bayi, Para Ayah Perlu Meniru yang Dilakukan Suami Olla Ramlan Setelah Bayi Lahir

By Gisela Niken, Senin, 13 November 2017 | 02:30 WIB
Ayah perlu melakukan ini saat bayi lahir (Gisela Niken)

Nakita.id – Inisasi Menyusui Dini atau IMD umumnya dilakukan para Ibu setelah bayi lahir.

Bayi biasanya akan diletakkan di bagian dada untuk mencari puting agar bisa menyusu.

Kegiatan ini juga menjadi cara memperkuat ikatan antara Ibu dan si kecil.

Ternyata, kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh para Ayah! Hal ini yang dilakukan oleh Aufar Hutapea, suami dari Olla Ramlan yang baru saja melahirkan pada Jumat (3/11).

Baca juga: Anak Lebih Cerdas kalau Dekat dengan Ayah Sejak Bayi

Dalam akun instagram @olla_ramlan, terlihat beberapa foto dan video ketika Aufar bersama dengan sang anak yang baru lahir.

Pada kondisi tertentu, misalnya Ibu yang mengalami operasi caesar, peran Ayah sangat dibutuhkan sebab IMD akan sulit untuk dilakukan karena suhu ruangan operasi yang terlalu dingin atau kondisi Ibu yang tidak memungkinkan.

Caranya pun sama dengan meletakkan bayi yang baru lahir ke dada Ayah. Bahkan, ada beberapa manfaat tak terduga jika Ayah sudah melakukan skin-to-skin contact dengan bayi.

Saat kontak kulit ke kulit tersebut tercipta maka tubuh akan menciptakan oksitosin yang baik untuk bayi di awal kehidupannya.

Baca juga: Mau Membangun Bonding dengan Bayi? Ayah Perlu Melakukan Hal Ini

Sebuah studi yang dilakukan Biological Psychiatry pada 2010 menjelaskan bahwa banyak bayi yang lebih banyak menempel pada Ibu sehingga sulit ketika Ayah ingin mengasuhnya.

Maka, salah satu cara agar Ayah juga punya hubungan yang sama dengan sosok Ibu adalah dengan memperbanyak kontak kulit sejak ia lahir.