Wanita ini Ubah Derita Menjadi Bahagia! Punya Kelainan Sehingga Kepalanya Botak, Justru Membuatnya Bertambah Bahagia dan Bersyukur!

By Saeful Imam, Senin, 13 November 2017 | 06:45 WIB
Alopecia (Saeful Imam)

Nakita.id - Seorang remaja berusia 17 tahun, Madisyn Babcock, mengalami kondisi kerontokan rambut atau kebotakan. 

Madisyn Babcock, didapati dirinya mulai merasa bahwa rambutnya semakin lama semakin rontok dan menipis. 

"Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kebotakan yang cukup besar di kepala."

Setelah melakukan pemeriksaan, dirinya didapati menginap alopecia, merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh kesalahan autoimun. 

Sistem kekebalan tubuh membuat sel darah putih (limfosit) dan antibodi untuk melindungi terhadap benda asing seperti bakteri, virus, dan kuman lainnya. 

Pada penyakit autoimun, telah terjadi kesalahan sistem kekebalan tubuh dimana bagian tubuh dianggap sebagai benda asing, sehingga ia menyerangnya. 

Pada orang dengan alopecia seperti Madisyn, banyak sel darah putih berkumpul di sekitar akar rambut yang terkena (folikel rambut), di area tersebut lah terjadi kesalahan dari autoimun. 

Baca juga : Waspada! Bisa Tertular Herpes Dari Tester Lipstik

Hal tersebut menyebabkan beberapa peradangan ringan yang mengarah dalam beberapa cara untuk rambut menajdi lemah dan rontok, hingga menyebabkan kebotakan. 

Saat mengetahui dirinya menderita alopecia, ia sempat berusaha menutupi bagian kepalanya yang botak, namun niat tersebut pun diurungkannya. 

Sampai suatu waktu, ketika di sekolahnya tersdapat sebuah event fotografi, Madisyn memutuskan untuk mengikuti dan meminta kepada salah seorang temannya untuk memfoto dirinya. 

Dirinya meminta kepada teman-temannya untuk melukis gambar bunga di kepala botaknya.