Bolehkah Minum Kopi di Pagi Hari Saat Perut dalam Keadaan Kosong?

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 15 November 2017 | 05:15 WIB
Ada cara mudah untuk meracik kopi yang enak dan wangi. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Rasanya nikmat sekali bisa menyesap secangkir kopi panas di pagi hari, yang menjadi asupan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Namun, benarkah kopi benar-benar aman untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong?

Beberapa laporan mengatakan, kebiasaan minum kopi saat perut dalam keadaan kosong bisa meningkatkan produksi asam di perut, yang menyebabkan gangguan pencernaan, sakit maag, hingga kecemasan.

Hal ini juga bisa menjadi kondisi yang mengkhawatirkan jika kita secara rutin minum kopi tanpa makan terlebih dahulu.

Anggapan ini membuat NBC News Health and Nutrition Editor, Madelyn Fernstrom dan Kristin Kirkpatrick, manajer layanan nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic Wellness Institute memberikan beberapa fakta terkait hal ini.

Sebagian besar respons seseorang terhadap kopi bergantung pada riwayat kesehatan mereka, karena kondisi setiap orang tidaklah sama.

"Ini adalah pilihan pribadi setiap orang, yang memutuskan untuk mengonsumsi kopi di pagi hari saat perut kosong atau tidak," jelas Fernstrom. Ditambahkan bahwa bagi beberapa orang, kopi bisa sangat ideal diminum tanpa harus makan lebih dulu. "Yang terpenting adalah mengenal tubuh kita sendiri," lanjutnya.

Baca juga : Bagi Ibu Penggemar Kopi Ini Cara Aman Minum Kopi

Fernstrom mengatakan bahwa asam secara alami ditemukan pada kopi. Selain itu, minuman tersebut bisa merangsang produksi asam di dalam perut.

Sementara, orang yang menderita refluks atau sakit maag paling rentan terhadap efek seringnya mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.

Jika Ibu tidak memiliki masalah kesehatan atau riwayat penyakit seperti maag, maka kebiasaan ini tentu tidak akan menimbulkan masalah.

Jika gejala maag memang terjadi, kopi sebaiknya dihindari. Kandungan kafein pada kopi sebenarnya tidak berkaitan dengan kandungan asam, jadi beralih ke kopi tanpa kafein tidak akan berdampak besar.

Atau mungkin Ibu ingin mencoba makan beberapa suap terlebih dulu? Kondisi perut yang sudah terisi beberapa makanan berat akan membantu mengurangi gejala yang menyebabkan iritasi, kata Kirkpatrick.