Ini Dia 5 Kesalahan Yang Kerap Dilakukan Saat Bangun Pagi. Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan!

By Soesanti Harini Hartono, Rabu, 15 November 2017 | 07:15 WIB
Untuk membantu Ibu memulai hari dengan suasana hati yang positif dan mengatur irama sirkadian tubuh, Ibu memerlukan sinar matahari. (Santi Hartono)

Nakita.id.- Cita-cita Ibu mungkin bangun sebugar mungkin di pagi. Tapi sejumlah aktivitas yang kerap dilakukan saat bangun pagi, malah membuat tubuh jadi kurang fit.

Menurut Corrie Pikul, penulis kesehatan di Oprah.com, dengan mengubah beberapa kebiasaan berikut, Ibu bisa memulai hari dengan lebih baik lagi.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk Setelah Bangun Tidur

Kesalahan 1: Buru-buru melompat bangun dari tempat tidur.

Ibu melompat dari tempat tidur agar siap menghadapi hari dengan semangat 45! Masalahnya, bangun buru-buru membuat otot punggung bekerja ekstra, “Padahal otot punggung dalam keadaan kaku setelah semalaman dalam keadaan lurus karena tidur,” kata Robert D. Oexman, MBA, DC, chiropractic, sekaligus Direktur Sleep to Live Institute.

Bergerak terlalu cepat juga berisiko membuat otot kejang yang bisa berakibat mengalami nyeri punggung bagian bawah atau bahkan disket bergeser atau pecah.

Baca juga: Aneka Kesalahan Saat Tidur Yang Menyebabkan Penuaan Dini Hingga Berat Badan Naik

Alasan lain untuk tidak bangun terburu-buru: Ketika kita berdiri setelah berbaring berjam-jam, darah mengalir deras ke kaki, dan ini bisa menyebabkan perasaan baal yang membuat kita berisiko tersandung.

Efek ini, yang disebut hipotensi ortostatik, sangat umum terjadi pada perempuan, kata Alan Hilibrand, MD, Ahli Bedah Ortopedi dan juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeons.

Coba ini: Sebelum bangun, Oexman menganjurkan memeluk lutut ke dada (satu per satu, lalu bersama). Ini tidak hanya akan membantu menghangatkan otot, tapi juga akan membuat darah mengalir ke seluruh tubuh sehingga Ibu akan merasa lebih stabil saat turun dari tempat tidur.

Kesalahan 2:  Membiarkan tirai tetap tertutup padahal Ibu sudah bangun dan sedang bersiap-siap di kamar.

Ruangan yang gelap bisa membuat Ibu terjatuh.Lagipula, untuk membantu Ibu memulai hari dengan suasana hati yang positif dan mengatur irama sirkadian tubuh, Ibu memerlukan sinar matahari.