Apakah Memberikan Suplemen Minyak Ikan Kepada Si Kecil Dianjurkan?

By Cecilia Ardisty, Senin, 14 Januari 2019 | 14:46 WIB
Minyak ikan ()

Nakita.id - Semua anak butuh vitamin, mineral, dan nutrisi untuk menjadi sehat dan bertumbuh. Seperti vitamin D, iron, dan kalsium.

Anak membutuhkan asam lemak omega-3, termasuk eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang bisa kita dapatkan dari minyak ikan.

Oleh sebab itu, piramida makanan merekomendasikan anak untuk makan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, ikan forel, dan ikan haring.

Jika Si Kecil tidak makan tiga jenis ikan ini, mereka membutuhkan asupan asam lemak omega-3, dari suplemen seperti minyak ikan, multivitamin dengan DHA dan EPA.

Namun apakah memberikan minyak ikan kepada anak dianjurkan?

Menurut American Heart Association yang dilansir dari Very Well Family, kita perlu mengonsumsi beragam jenis ikan, terutama ikan yang mengandung omega-3, dua kali seminggu, dan juga mengonsumsi makanan yang mengandung ALA, seperti biji rami, kenari, kedelai, tahu, minyak kanola, dan kedelai. 

Baca Juga : Suka Minum Suplemen Vitamin C? Hati-hati Terkena 4 Masalah Ini

Sedangkan tidak ada anjuran persis untuk anak-anak mengonsumsi minyak ikan.

Namun piramida makanan menganjurkan penting bagi anak mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga : Ini Risiko yang Terjadi Bila Kelebihan Mengonsumsi Suplemen Vitamin A

Sebenarnya dosis yang benar adalah anak-anak mendapatkan minyak ikan langsung dari mengonsumsi ikan selama dua kali seminggu.

Belum ada ketentuan spesifik berapa miligram sehari konsumsi DHA dan ARA untuk anak.