Perkembangan Janin Bulan 2 : Tubuh Janin Mulai Bergerak

By Saeful Imam, Jumat, 18 Januari 2019 | 09:11 WIB
Kondisi cairan ketuban sedikit ini tentunya berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. (iStock)

Nakita.id - Perkembangan janin bulan 2, perkembangan menarik yang terjadi adalah janin sudah mulai bergerak, meski gerakannya masih sederhana. 

Hal yang jelas pada perkembangan janin  bulan 2 yang tak kalah penting adalah pada akhir masa embrional ini, ukuran embrio mencapai kisaran 27-31 mm dengan taksiran berat sekitar 5 gram.

Bentuknya sudah makin menyerupai manusia dengan panjang sekitar 2,5 cm.

Baca Juga : Perkembangan Janin Bulan 2 : Jari-jari Sudah Mengarah dan Terpisah

Kepalanya tampak besar bila dibandingkan dengan tubuhnya yang  relatif lebih kecil.

Perkembangan janin bulan 2 lainnya, kepalanya membulat dan wajah polos kekanak-kanakan mulai tampak nyata dengan tertariknya bagian antara dahi dan pangkal hidung ke arah dalam, hingga kian memperjelas cikal-bakal mancung-tidaknya hidung si janin.

Daun telinganya mulai terbentuk dengan struktur simpai yang paling menonjol dibanding indera lainnya.

Simpai ini merupakan asal mula telinga bagian dalam dengan rumah siput dan pipa-pipa setengah lingkaran yang kemudian mengalami proses penulangan menjadi tulang karang.

Di bawah simpai telinga terdapat rangkaian tulang-tulang pendengaran yang berhubungan dengan cikal-bakal rahang bawah.

Simpai telinga menghadang lintas vena kardinalis anterior yang bertugas mengalirkan darah dari sebelah depan dan kepala.

Aliran darah vena ini dialihkan ke atas melalui sinus sigmoideus dan sinus petrosus superior serta interior yang terbentuk dari jalinan pembuluh balik setempat.

Bagian depan vena-vena kardinalis menjadi sinus kavernosus yang tetap mempertahankan hubungan semulanya dengan vena-vena wajah melalui vena oftalmika,  angularis, dan pleksus pteringoideus (semua istilah ditanya artinya ke dokter).