#LovingNotLabelling : Anak Pintar Jadi Bodoh Karena Kerap Dibilang 'Dasar Anak Bodoh!"

By Saeful Imam, Rabu, 30 Januari 2019 | 14:50 WIB
#LovingNotLabelling : Meski Anak Belum Paham, Pemberian Label tetap Berdampak Negatif (iStockPhoto)

Nakita.id - Bukan orangtua namanya kalau mulutnya enggak usil. 

Buktinya, setiap hari ia memproduksi berbagai label, julukan, atau panggilan kepada anak. 

Lihat saja saat anak terlihat pasif dan lebih memilih bersembunyi di balik roknya dibanding bermain dengan teman-temannya, Moms langsung nyeletuk, "Ayo, dong! Masak anak Mama pemalu gitu sih? Malu-maluin aja!"

Atau saat si kecil berlari-larian dan sekonyong-konyong tak sengaja menyenggol keramik sehingga terjatuh dan pecah, hardikan pun  langsung keluar. "Dasar anak bandel, makanya jangan lari-larian, belajar diam." 

Baca Juga : #LovingNotLabelling : Ternyata Sering Panggil 'Anak Pintar' atau 'Anak Cantik' Juga Bisa Berdampak Buruk

Ya, labelling ada bahkan menjadi santapan dalam keseharian kita.

Secara sadar atau tidak sadar, kata-kata ini kerap dimunculkan saat anak berperilaku tertentu. 

Berbicara labelling tidak melulu berkonotasi negatif semacam nakal, bandel,malas, hitam, gendut, jelek dan seterusnya, melainkan juga julukan positif seperti pintar,cakep, cantik, hebat, kuat dan sejenisnya.

Hanya saja pemberian label negatif ini lebih sering berkenaan dengan sebuah perilaku yang menurut si pemberi label bersifat negatif.

Pelabelan, menurut Henny E. Wirawan, M.Hum Psi, seperti dimuat pada tabloid nakita edisi 264 merupakan tindakan memberi label, ciri, atau cap tertentu kepada seseorang berdasarkan perilaku, sifat, atau bentuk fisiknya.

Hal itu biasanya dilakukan untuk mempermudah pengenalan identitas seseorang.

Contohnya, saat menyebut nama Agus, maka kita akan bertanya Agus yang mana, apakah Agus yang gendut, yang pendiam atau yang lincah? Sementara dalam buku A Handbook for The Study of Mental Health, pelabelan merupakan sebuah definisi yang ketika diberikan kepada seseorang akan menjadi identitas diri orang tersebut.