Penderita Diabetes Boleh Puasa dan Berbuka dengan Makanan Manis, Ini Pesan Dokter yang Perlu Diingat

By Anisa Annan, Jumat, 10 Mei 2019 | 10:00 WIB
Penderita diabetes boleh berpuasa dan makan makanan manis (xb100)

Nakita.id - Puasa merupakan ibadah wajib umat Muslim di bulan Ramadan, tak terkecuali bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Walau memang diperbolehkan tak berpuasa jika memiliki masalah kesehatan, tetapi masih banyak pula orang-orang yang tak ingin melewatkan puasa.

Seperti penyandang diabetes, menurut Dokter Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FINA, banyak penyandang diabetes yang tetap semangat menyambut puasa.

Baca Juga : Berikan yang Terbaik, Bahan Alami Harus Jadi Pilihan Utama Agar Bayi Terlindungi

Dalam acara edukasi media terkait penderita diabetes dan puasa pada Kamis (9/5/2019), Dokter Sidartawan membagikan pengalamannya menghadapi pasien-pasien yang tetap semangat ingin puasa.

Walau diabetes merupakan kondisi kesehatan yang cukup pelik menyangkut pola makan dan kondisi gula darah yang krusial, ternyata boleh-boleh saja penderitanya berpuasa.

Diingatkan pula oleh Dokter Sidartawan, penyandang diabetes sebaiknya konsultasi ke dokter jika ingin berpuasa, minimal sebulan sebelum.

Hal ini dimaksudkan sebagai langkah pengaturan pemberian obat saat puasa, menyesuaikan dengan pergeseran waktu makan.

Baca Juga : Jadi Bangsawan Inggris, Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Diisukan akan Jadi Warga Negara Amerika, Benarkah?