Peringatan Dini, Laut Pantai Selatan DIY Berpotensi Terjadi Gempa dan Tsunami Besar, Bisa Capai 20 Meter!

By Maharani Kusuma Daruwati, Kamis, 18 Juli 2019 | 19:20 WIB
Ilustrasi Tsunami (Pixabay)

Nakita.id - Menurut beberapa pakar Tsunami dan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), pantai selatan DIY memiliki potensi untuk terjadi gempa dan tsunami.

Pantai selatan Yogyakarta ini merupakan pertemuan lempeng Eurasia dan Indoaustralia, yang juga berpontensi menjadi sumber terjadinya gempa bumi tektonik.

Di mana, pada lempeng pertemuan tersebut mampu membangkitkan gempa teknonik berkekuatan hingga magnitudo 8,8.

Baca Juga: Berikan Perlindungan Alami Saat Puasa, Si Kecil Sehat dan Orangtua Pun Tenang

Tinggi kekuatan gempa tersebut, bisa membangkitkan adanya potensi tinggi tsunami, Moms.

Bahkan, tsunami tersebut bisa mencapai ketinggian 20 meter.

Mengutip Tribun Jogja, wilayah yang terancam terdampak bencana gempa bumi yang berpotensi tsunami di DIY ini terletak di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko dalam sesi jumpa media di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Rabu (17/7/2019).

Pakar BPPT tersebut menjelaskan bahwa letak pertemuan lempeng di tengah laut menyebabkan wilayah pesisir menjadi rentan terhadap bahaya tsunami yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng tersebut.

Widjo menyebut pergeseran lempeng tersebut berakibat adanya potensi gempa megathrust yang memiliki potensi kekuatan hingga magnitudo 8,8 di selatan Pulau Jawa sehingga menyebabkan tsunami.

Baca Juga: Disebut Mirip Kareena Kapoor, Tengok Cantiknya Mantan Istri Tommy Kurniawan Berdadan Bak Pengantin Jawa

"Ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa hingga ke Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda. Akibatnya, ada potensi gempa megathrust dengan magnitudo 8,5 hingga 8,8," jelasnya, seperti dikutip dari Tribun Jogja.