Sering Diolah Sembarangan, Begini Cara Siapkan MPASI Bergizi Bayi 10 Bulan yang Benar Agar Kandungan Gizinya Tak Hilang

By Safira Dita, Jumat, 6 September 2019 | 14:06 WIB
Cara Mengolah MPASI Bergizi Bayi 10 Bulan yang Benar (Pixabay.com/yalehealth)

Nakita.id- Seringkali, Moms kesulitan dan cenderung sembarangan dalam mengolah MPASI bergizi bayi 10 bulan.

MPASI bergizi bayi 10 bulan bisa berupa makanan apa saja karena pada umur tersebut si kecil mampu makan sendiri.

Pemberian finger food (camilan) sebagai MPASI bergizi bayi 10 bulan menjadi salah satu keuntungan Ibu untuk mengatur jadwal makan mereka.

Glade B. Curtis dan Judith Schuler, penulis buku ”Your Baby's First Year Week by Week” (Da Capo Lifeloong Books; 3rd Revised. Update ed. Edition, London 2010), menuliskan, bayi 10 bulan harus mengonsumsi berbagai makanan yang terbagi dari makanan utama, camilan, ASI atau susu formula.

Jika sudah niat memberikan yang terbaik buat si kecil, tentunya Moms juga harus memikirkan, bagaimana membuat MPASI yang tepat agar manfaatnya benar-benar dirasakan Si Kecil.

Makanan bayi seperti bubur adalah pilihan yang aman, kata Kids Health, tapi camilan juga dapat diberikan, asalkan tekstur makanannya lunak dan aman untuk gusi.

Contohnya saja, seperti kata Pritasari, "Masih banyak Moms yang mencampur bubur, sayuran, lalu hati ayamnya sekalian.

Padahal yang tepat, sayur diolah tersendiri, dan berasnya pada saat memasak boleh langsung dicampur hati ayam atau daging merah.

Baca Juga: #LovingNotLabelling: Jangan Labeli Anak dengan Menyebutnya 'Kasar', Bisa Menghambat Perkembangan Hingga Jadi Pemberontak