8 Tip Ahli yang Perlu Ibu Ketahui untuk Menghindari Anak Terserang Batuk dan Pilek

By , Selasa, 21 November 2017 | 10:45 WIB
Membebaskan dari hidung tersumbat, salah satu cara mengatasi pilek pada bayi (Foto: health guru) (Gisela Niken)

Nakita.id - Merawat anak yang sakit menjadi salah satu bagian tersulit ketika kita telah menjadi orangtua. Apalagi sekarang sedang musim hujan, membuat anak lebih mudah terserang pilek atau batuk yang menyiksa.

Ini adalah tugas kita sebagai orangtua untuk merawat anak-anak agar tetap bugar dan sehat, namun beberapa virus dan penyakit  memang tidak bisa terhindarkan.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki gejala pilek dan batuk, serta mengurangi ketidaknyamanan anak.

Dr. Tanya Altmann, penulis “Caring for Your Baby and Young Child” menuliskan tentang pentingnya menjaga kesehatan anak-anak. "Ini benar-benar memengaruhi seluruh keluarga saat anak-anak merasa sedih, karena anak tidak masuk sekolah, dan itu benar-benar memengaruhi seluruh keluarga," ungkapnya.

Tapi menjaga agar anak sehat tidak semudah yang diinginkan para orangtua. Antara sekolah dan teman bermain, anak-anak akan menghadapi sejumlah kuman yang membahayakan.

"Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya dalam 3 menit, seorang anak akan menyentuh permukaan sebanyak 300 kali," tutur Dr. Altmann.

Walau anak sudah terlanjur pilek dan tidak enak badan, berikut beberapa tip merawat mereka agar kondisinya membaik lebih cepat, meliputi:

Baca juga : 3 Langkah Atasi Batuk Pilek Tanpa Obat

1. Untuk anak usia lebih dari 1 tahun, berikan madu

Dr. Altmann mengatakan madu bisa bekerja efektif untuk menyembuhkan batuk dan pilek. Obat ajaib dan ramuan alami ini bekerja dengan baik untuk melapisi tenggorokan guna meredakan batuk.

Namun, dia memperingatkan, agar Ibu tidak memberikan madu untuk bayi karena ada risiko botulisme, keracunan yang dihasilkan bakteri, yang menyerang sistem saraf seperti otak, tulang belakang, saraf lainnya, dan menyebabkan kelumpuhan otot.

2. Mengeluarkan lendir adalah kunci utama