#LovingNotLabelling: Sebelum Ucapkan "Pemarah" Pada Si Kecil, Ini Cara Mengatasi Perilaku Agresifnya

By Cecilia Ardisty, Jumat, 25 Oktober 2019 | 10:28 WIB
#LovingNotLabelling: Sebelum Ucapkan (freepik)

Nakita.id - Perilaku agresif pada Si Kecil seperti memukul atau menggigit memaksa Moms dan Dads mengucapkan kata-kata labelling.

Padahal, ada banyak cari lain yang lebih baik daripada mengucapkan hal itu untuk mengatasi perilaku agresif Si Kecil.

Menurut Parents, Si Kecil mengeluarkan perilaku agresif karena marah atau masalah teritorial, dan atau mentalitas egosentris.

Di sisi lain, Si Kecil mungkin memiliki rasa keingintahuan besar sehingga melakukan perilaku agresif, misalnya, "Apa yang akan terjadi jika saya mendorong Kevin?" "Apakah tidak apa-apa kalau aku menggigit lengan Molly?", dan sebagainya.

Baca Juga: #LovingNotLabelling: Siapa Sangka, Hal yang 'Suka' Moms Lakukan Ini Bisa Membuat Si Kecil Terbiasa Berpikiran Negatif

Ini mungkin terdengar sadis, tetapi perilaku itu cocok dengan keingintahuan balita yang besar dan kemampuan berempati mereka yang masih terbatas.

Juga, banyak anak usia ini tidak memiliki kapasitas untuk mengekspresikan perasaan dengan cara yang tidak terlalu menyinggung.

Frustrasi atau kemarahan dapat menyebabkan mereka menyerang teman bermain dalam semacam respons primitif.

Moms dan Dads serta pengasuh tidak boleh menoleransi sedikit pun melainkan harus menghadapinya segera dengan cara yang tenang dan tegas.

Baca Juga: #LovingNotLabelling: Hindari Menyebut Si Kecil yang Emosional dengan Julukan 'Cengeng', Yuk Bantu Anak dengan Cara Ini