Ini Penyebab Bayi Mogok Minum ASI Menurut Pengalaman Mama Tantri Kotak

By Gisela Niken, Rabu, 3 Agustus 2016 | 23:30 WIB
Ini Penyebab Bayi Mogok Minum ASI Menurut Pengalaman Mama Tantri Kotak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Duh, si kecil mogok ASI? Wah, tentu saja kondisi ini membuat siapapun panik apalagi Mama. Akankah si kecil mendapatkan cukup gizi? Ternyata, pengalaman mogok ASI juga dialami oleh Mama Tantri “Kotak”. Vokalis grup band rock ini mengunggah foto pengalamannya di akun instagram miliknya saat putrinya Kara Nada Medina mengalami mogok ASI. Apa ya yang dilakukan Mama Tantri lakukan untuk mengatasi bayi mogok minum ASI?

Dalam postingannya, Mama Tantri sempat meminta saran kepada netizen. Dalam postingan tersebut ia menceritakan bahwa si kecil sedang pilek dan mengalami hidung tersumbat. “Please buat ibu2 yang pernah ngalamin hal kaya saya gimana cara buat Kara balik mau nyusu lagi ya? Kalau saya lepas jempolnya dia marah. Sekarang saya cuma nyusuin saat dia setengah sadar untuk tidur. Kira2 cukup ga ya ASI nya untuk Kara kalau menyusui seperti itu? Sediihhh banget!

Baca juga: Apakah ASI saya cukup?

Wah, tentu Mama Tantri dan seluruh Mama akan sedih jika mengalami kondisi ini. Kira-kira apa ya yang menyebabkan kondisi ini? Mama Tantri pun tidak tinggal diam. Ia langsung membawa si kecil ke ahli laktasi. Pada postingan berikutnya Mama Tantri pun mengungkapkan penyebab Kara mogok minum ASI. Ternyata, anaknya sedang dalam fase oral.

“Ternyata Kara keasikan ngemut jempol, fase oralnya berubah menjadi kebiasaan dan berakibat malas menyusui langsung. Walaupun saya baca di google fase oral baik untuk tumbuh kembangnya. Namun memiliki efek tertentu untuk Kara. Tapi kembali lagi, semua anak di dunia ini unik dan pintar. Jadi tidak bisa disamaratakan semua. Jadi bukan berarti saya memberikan contoh fase oral buruk, tapi fase ini memiliki efek buruk bagi Kara bila diteruskan. Jadi saya lagi PR cari cara untuk mengalihkan perhatian Kara terhadap kebiasaan ngemut jempolnya.” Baca juga: Tip aman fase oral

Jadi, salah satu penyebab bayi mogok minum ASI adalah kebiasaan mengisap jempol. Biasanya fase ini terjadi saat si kecil berusia 5 hingga 7 bulan. Pada masa ini koordinasi tangannya sudah baik sehingga cenderung meraih apapun atau memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Fase tumbuh gigi yang semakin dekat juga membuat anak cenderung melakukan kebiasaan isap jempol. Apakah Mama pernah mengalami hal yang sama dengan Mama Tantri? Tulis di kolom komentar ya!