Ternyata Begini Cara Memotret Bayi, Yuk Pelajari!

By Saeful Imam, Selasa, 3 Desember 2019 | 14:59 WIB
Ilustrasi bayi alami katarak (Freepik)

Nakita.id - Memotret bayi gampang-gampang susah.

Kabar baiknya, kini ada cara untuk memotretnya dengan mudah. 

Ternyata enggak susah, berikut tip dan triknya.

1. Perhatikan mood si kecil

Tentu saja bayi belum bisa diarahkan untuk berpose sesuai keinginan kita. Alih-alih diminta tersenyum, malah menangis. Ketika diminta melihat kamera, justru ia berpaling. Maka sebelum jeprat-jepret, ada baiknya perhatikan mood-nya, apakah sedang dalam kondisi senang, gembira, atau bete, manja, rewel, dan sebagainya. Lakukan pendekatan dengan mengajaknya berinteraksi seperti mengajaknya bicara atau bermain, sehingga suasananya jadi menyenangkan. Bayi lebih siap untuk difoto.

Baca Juga: Memotret dan Mengabadikan Korban Kecelakaan Bisa Didenda Dua Juta Rupiah!

2. Beri mainan favoritnya

Pendekatan yang terbilang ampuh adalah mengajaknya bermain dengan memberikan mainan favoritnya. Entah itu boneka, bola-bola, mainan yang berwarna-warni, berbunyi atau bahkan buku dan sebagainya. Dengan memancing si kecil lewat mainan kesukaannya, diharapkan ia menunjukkan ekspresi kegembiraan. Sekaligus ia pun lebih anteng lantaran asyik bermain. Dengan begitu, ia tak banyak bergerak, sehingga mudah ditangkap dengan baik oleh kamera. Hasilnya pun tidak "goyang" dan fokus. Kita dapat mengambil gambarnya dari sudut pemotretan yang berlainan, dengan pose yang natural pula.

3. Ambil berbagai momen

Hal penting yang perlu diketahui, ekspresi yang bagus bukan berarti harus dalam kondisi tersenyum atau tertawa. Sang bayi sedang menyusu, mengunyah/makan, menangis, marah, bahkan tidur sekalipun bisa menunjukkan momen yang bagus untuk difoto. Selain itu, ambil berbagai posisi: si kecil sedang tengkurap, telentang, digendong, duduk, merangkak, jongkok, dan sebagainya. Jadi,  foto di mana saja, bahkan sedang tidur di dalam mobil pun bisa menjadi momen yang bagus.

Baca Juga: Mendudukkan dan Memotret Bayi di Tengah Rel Kereta Api, Aksi Ibu Ini Dikecam Warganet!

4. Faktor pencahayaan