Moms Sering Mengonsumsi Gorengan? Simak Fakta Dari Dokter Gizi Ini!

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Kamis, 7 Desember 2017 | 19:56 WIB
()

Nakita-id - Melahap makanan yang berminyak, apalagi gorengan memang lezat. Namun hati-hati, mengonsumsi gorengan tanpa batasan, dapat mendatangkan risiko kesehatan yang serius.

Dalam Talk Show dan Demo Memasak bertajuk #ThePowerofHomemadeFood di bilangan Sudirman (07/12/2017), dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, Ms, SpGK, Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Medistra menjelaskan hal tersebut.

"Umumnya keluarga di Indonesia sebenarnya mengerti apa itu gaya hidup sehat. Tetapi mereka sering mengabaikan bagaimana proses memasak yang benar", ujarnya.

Cindi menambahkan, jika bahan baku makanan sudah sehat namun prosesnya digoreng menggunakan minyak yang banyak akan meningkatkan jumlah asupan kalori yang dikonsumsi seseorang.

"Memang gak bisa dipungkiri makanan yang pakai minyak itu enak ya, apalagi gorengan. Padahal mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang menderita obesitas. Obesitas ini akan mengarah kepada penyakit kronis lain seperti darah tinggi, jantung dan penyakit berbahaya lainnya", kata  Cindi menjelaskan.

Sebagai contoh, seporsi makanan yang menggunakan minyak untuk mengolahnya mengandung 50 kalori.

Jadi dapat dibayangkan jika dalam sehari kita mengonsumsi 10 buah gorengan atau makanan digoreng lainnya, berapa banyak kalori yang diserap oleh tubuh kita.

Oleh karena itu, penting sekali untuk membatasi penggunaan minyak dalam membuat makanan.

"Selain itu utamakan kandungan makanan yang kita konsumsi. Pastikan seimbang dengan adanya karbohidrat, protein, vitamin juga buah-buahan." tutup dr. Cindi. (*)