Hamil 17 Minggu Franda Justru Tak Merasakan Mual dan Muntah. Normalkah Bila Ibu Hamil Tak Alami Morning Sickness?

By Avrizella Quenda, Jumat, 8 Desember 2017 | 12:52 WIB
Artis Franda mengaku kehamilannya tidak disertai mual muntah. ()

Nakita.id - Artis sekaligus pembawa acara Franda sedang berbahagia dengan kehamilan pertamanya.

Pasalnya, setelah lebih dari satu tahun menikah, Franda dan suaminya Samuel Zylgwyn telah lama menantikan kehadiran buah hatinya di dalam kandungan.

Kini, memasuki usia kehamilan 17 minggu, perempuan kelahiran 8 Februari 1987 ini tidak mengalami morning sickness seperti pada ibu hamil pada umumnya.

"Puji Tuhan selama hamil, dari awal saya enggak ngalamin yang namanya morning sickness atau mual-mual dan muntah-muntah.. Kalau orang bilang hamilnya kebo kayanya ya," tulisnya dalam akun Instagram pribadinya.

Namun begitu, Franda mengaku pernah mengalami sedikit mual, terutama di beberapa situasi tertentu.

"Mual-mual dikit sih masih ada, paling kalau di mobil, atau pengin muntah pas gosok gigi. Tapi itu pun enggak selalu dan enggak sering juga," tambahnya.

Tapi kehamilan perempuan 30 tahun ini bukan tanpa keluhan, lo! Dirinya mengaku mengalami masalah pada perut dan tenggorokan.

Baca juga : Bedanya Morning Sickness dan Hyperemesis Gravidarum

"Kalau saya selama ini masalahnya adalah perut yang berasa gassy banget (begah kali ya bahasanya, terutama di awal-awal kehamilan), acid reflux atau heartburn (rasanya kaya ada yang nyangkut di tenggorokan), sama nafsu makan yang berkurang."

Kurangnya nafsu makan membuat Franda belum banyak bertambah berat badan. Namun ia memaksa diri untuk tetap makan demi calon bayinya.

Ia yang kini sedang melakukan babymoon bersama suami di Bali ini memberi pesan bahwa setiap kehamilan itu berbeda.

"Intinya setiap kehamilan itu berbeda, yang paling penting harus selalu bersyukur dan menikmati semua prosesnya," tutupnya.