Menjelang Tutup Tahun, Masih Saja Ditemukan Berita Hoax Kesehatan. Tetap Waspada dan Jangan Asal Share, ya, Moms

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Minggu, 10 Desember 2017 | 12:40 WIB
Beberapa Berita Kesehatan Ini Hoax! ()

Nakita.id - Menjelang tutup tahun, setelah beberapa bulan lalu beredar tentang 15 berita kesehatan yang hoax, muncul lagi beberapa info yang juga merupakan berita kesehatan yang hoax.

Munculnya situs-situs yang menyajikan berita yang beragam berusaha bersaing dengan begitu ketat, dan berkembangnya aplikasi - aplikasi chat smartphone seolah menjadi alat pengantar informasi kepada penggunanya setiap harinya.

Alhasil, berita yang diterima sudah tak terfilter lagi, sementara kebutuhan akan informasi sudah semakin tinggi sehingga perlu referensi yang terercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pengguna sosial media harus pandai memilah dan juga melakukan kroscek tentang berita yang ia terima.

Baca juga: Ternyata 15 Berita Kesehatan ini Hoax

Melansir dari dinkes.jogjaprov.go.id, beberapa berita kesehatan hoax yang sering muncul di kalangan masyarakat di antaranya:

1. Larva di payudara akibat pakai bra baru tanpa dicuci

Beredar berita bahwa pori-pori payudara wanita ditumbuhi larva akibat memakai bra baru yang tidak dicuci dulu sebelumnya.

Ini berita hoax karena tidak mungkin larva tinggal di pori-pori payudara dengan rapi. Larva lalat tumbu memang bisa muncul di payudara, namun biasanya memunculkan lesi.

Biasanya karena pakaian dan lingkungan kotor. Namun pesan baik dari berita hoax ini adalah membiasakan mencuci baju, meski baju baru sekalipun.

2. Teh kemasan beracun

Pertengahan 2009 silam beredar pesan berantai bahwa salah satu merek teh kemasan mengandung racun.