Moms Perlu Tahu, Keterlibatan Kakek-Nenek Ternyata Sangat Bagus Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 10 Desember 2017 | 15:42 WIB
Keterlibatan kakek-nenek sangat baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. ()

Nakita.id.- Masalah kasih sayang dari Kakek dan Nenek tak perlu diragukan lagi. Mereka dengan sepenuh hati akan memberikan yang terbaik bagi cucunya.

Perlu Moms tahu, kedekatan hubungan antara cucu dengan kakek dan neneknya juga memiliki manfaat bagi kedua belah pihak.

Bagi cucu, Kakek Nenek dapat melengkapi pemenuhan kasih sayang selain dari orangtuanya, yaitu untuk mendapatkan kasih sayang yang utuh dari keluarga besar dan orang-orang di sekelilingnya.

Anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang akrab dan hangat hubungan kekeluargaannya, akan tumbuh menjadi anak yang penuh kepercayaan diri, dan hidupnya akan kaya dengan kasih sayang dan mereka biasanya juga akan menjadi orang yang pengasih.

Baca juga: Kakek 88 Tahun Ini Setia Merawat Cucunya Yang Menderita Penyakit Langka

Meski demikian, jika menyangkut urusan Si Kecil terkadang muncul masalah antara kakek-nenek di satu pihak dan orangtua di sisi lain.

Contohnya menyangkut peraturan yang biasa diterapkan Si Kecil oleh Moms, namun “dilanggar” oleh kakek-nenek karena mereka merasa punya aturan lain yang dianggap lebih baik buat Si Kecil.

Inisiatif membuat aturan sendiri inilah yang rentan memercikkan api konflik antara kakek-nenek dengan orangtua Si Kecil.

Pola asuh yang tidak sejalan antara orangtua dan kakek-nenek, bisa membuat Si Kecil bingung harus mengikuti perkataan siapa, orangtua atau kakek-nenek yang sehari-harinya mengasuhnya.

Selain kebingungan, sikap mandiri dan disiplin juga sulit untuk terbentuk dalam diri Si Kecil. Tidak dapat dipungkiri, Kakek-Nenek cenderung memanjakan cucunya.

Akibatnya Si Kecil cenderung lebih bersikap santai, kurang bisa menegakkan kedisiplinan, dan kurang mandiri.

Mereka lebih suka merengek dan manja karena kakek dan neneknya, sehingga secara tidak sadar sikap itu jadi terbentuk dan tertanam.