Merasa Kelelahan Jelang Melahirkan? Begini Cara Mengatasinya

By Nur Marufah Saniati, Kamis, 16 Januari 2020 | 20:22 WIB
ilustrasi kelelahan (pixabay)

Nakita.id - Memasuki trimester akhir, Moms disarankan untuk melakukan beberapa persiapan menjelang persalinan, salah satunya adalah bagaimana mengatasi kelelahan menjelang proses persalinan.

Tak bisa dipungkiri, perasaan Moms akan campur aduk antara cemas dan bahagia menunggu kehadiran si bayi mungil.Saat menjelang persalinan, Moms hamil akan mengalami kelelahan walaupun hanya melakukan aktivitas di rumah saja.

Baca Juga: Disidang karena Mencuri Getah Karet Seharga Rp.17 Ribu, Begini Nasib Kakek ini Usai Persidangan!

Kondisi tersebut berkaitan dengan beban tubuh yang dialami Mama hamil yang dapat naik hingga mencapai kisaran 10-15 kg.Meskipun, kelelahan yang dialami Moms hamil terbilang normal.

Namun, ada baiknya jika Moms melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya agar kelelahan tidak terjadi berlarut-larut sehingga dapat menghambat proses persalinan.

Berikut tips mengatasi kelelahan menjelang persalinan:1. Istirahat

Kondisi fisik Moms hamil dengan saat ia tidak hamil tentu berbeda.

Oleh karena itu, Moms hamil dianjurkan untuk mengurangi aktivitas.

Namun, bukan berarti Moms tidak boleh melakukan aktivitas ya.

Itulah, pentingnya Moms dapat mengatur jadwal istirahat, terutama pada malam hari untuk mengembalikkan kebugaran di pagi hari.

Hindarilah tidur pada larut malam dan Mama hamil yang sudah memasuki trimester akhir dapat menggunakan waktu istirahat malam maksimal pukul 10 malam.2. Melakukan latihan khusus Mama hamil

Meskipun Moms sedang lelah, bukan berarti Moms mengabaikan waktu olahraga.