Tidak Hanya Pada Perempuan, Anak-anak Juga Rawan Terkena ISK!

By Rosiana Chozanah, Jumat, 13 April 2018 | 11:00 WIB
Ilustrasi. (pexels.com)

Nakita.id - Biasanya orang-orang mengatakan bahwa infeksi saluran kemih hanya terjadi pada perempuan saja.

Namun nyatanya anak kecil pun bisa mengidap penyakit satu ini.

Infeksi Saluran Kemih atau ISK akut relatif umum pada anak-anak, dengan 8 persen anak perempuan dan 2 persen laki-laki, memiliki setidaknya satu masa pada usia 7 tahun, menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan oleh American Family Physician.

BACA JUGA: Ajarkan Si Kecil Untuk Tidak Menahan Pipis, Jika Tidak Ingin Sakit ini

Penelitian ini juga menyatakan patogen yang paling umum adalah Escherichia coli (E. coli), terhitung sekitar 85 persen dari penderita ISK.

Infeksi terjadi ketika bakteri yang masuk ke uretra tidak dikeluarkan dan mulai tumbuh di dalam saluran kemih , kemudian menyebabkan infeksi. 

Dua jenis ISK yang dapat memengaruhi anak-anak adalah infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seorang anak terkena ISK antara lain penyumbatan di salah satu organ saluran kemih, fungsi abnormal saluran kemih, beberapa jenis cacat lahir, memakai celana ketat, jarang buang air kecil atau menunda buang air kecil dalam jangka waktu lama.

Bayi dan anak-anak yang sangat muda mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun ketika menderita ISK. 

Namun, pada anak-anak yang sedikit lebih tua, gejala mungkin termasuk demam, kehilangan nafsu makan, muntah, diare, iritabilitas dan perasaan sakit.

BACA JUGA: Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Penting untuk mengobati ISK pada anak-anak tanpa penundaan untuk menghindari komplikasi. Dilansir dari top10homeremedies.com, berikut caranya: