Selalu Setia Pada Pasangan Cegah Penyakit Menular Seksual yang Bahayakan Ibu dan Janin

By Soesanti Harini Hartono, Sabtu, 21 April 2018 | 20:22 WIB
Setia pada pasangan adalah kunci menghindari penyakit menular seksual yang dapat membahayakan organ reproduksi perempuan. (Thinkstock)

Nakita.id.- Setiap hari, lebih dari satu juta orang terjangkit PMS alias penyakit menular seksual.

Data dari UNAIDS 2013 mencatat, setiap tahun terdapat sekitar 500 juta orang mengidap salah satu dari empat penyakit menular seksual, yaitu klamidia, gonore, sifilis, dan trikomoniasis.

WHO dan UNAIDS memperkirakan, lebih dari 35,3 juta orang terinfeksi HIV di seluruh dunia dan 90% dari mereka berada di negara berkembang .

Beberapa PMS dapat meningkatkan risiko penularan human immunodeficiency virus (HIV) sebanyak tiga kali lipat atau lebih. Disamping itu, PMS ternyata membawa pengaruh besar bagi kesehatan seksual dan repoduksi di seluruh dunia (WHO, 2014).  BACA JUGA: Hati-hati! Kondom Tidak Menjamin Penggunanya Terbebas Dari Infeksi PMS

Menurut dr. Ivan Sini SpOG dari RS Bunda, PMS merupakan infeksi yang disebarkan lewat hubungan seks dengan seseorang yang memiliki PMS juga.

Seseorang bisa terkena PMS dari aktivitas seksual yang melibatkan mulut, anus, ataupun vagina.

Celakanya lagi, PMS bisa hadir tanpa gejala awal, semisal klamidia. Jikapun ada gejala, biasanya hanya berupa demam ringan, nyeri bawah perut yang kronis atau keputihan yang khas.