Cara Aman, Alami, dan Efektif Atasi Diare Pada Anak

By Saeful Imam, Minggu, 29 April 2018 | 15:55 WIB
Anak mengalami diare (istock)

Nakita.id - Diare adalah kondisi dimana buang air besar yang berbentuk cairan dan terjadi lebih dari tiga kali dalam satu hari.

Diare biasanya terjadi selama dua hari atau lebih dan penyakit ini kerapkali dialami oleh bayi dan juga balita.

Diare sangat berbahaya sehingga harus cepat diatasi. Diare yang dialami oleh si kecil tak datang dengan sendirinya, tapi ada faktor lain yang menjadi penyebab anak mengalami diare, seperti terkena infeksi rotavirus, bakteri dan parasit, intoleransi laktosa, alergi pada susu anak, dan lainnya.

BACA JUGA : Kenali Berbagai Penyebab Diare Bayi, Perhatikan Moms! Diare dapat menyebabkan anak menderita dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar dan dapat membuat si kecil menjadi tidak bersemangat saat bermain dengan teman-temannya karena tubuhnya merasa lemas.Namun, Ibu tak perlu khawatir jika si kecil mengalami diare karena berikut ini ada cara alami mengobati diare pada anak:1. Memberikan larutan oralitLarutan oralit adalah larutan yang berisi garam dan juga air putih.

Larutan ini dipercaya ampuh untuk mengobati diare, karena dapat membantu tubuh dalam mengembalikkan cairan tubuh yang hilang akibat diare.2. Asupan cairanDiare dapat membuat anak mengalami dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar.

Dehidrasi saat diare adalah efek samping yang paling berbahaya.

BACA JUGA : Sempat Diare Saat Liburan, Zaskia Mecca Bikin Oralit untuk Kala MadaliSempat Diare Saat Liburan, Zaskia Mecca Bikin Oralit untuk Kala Madali

Jika si kecil masih mengonsumsi ASI, teruslah menyusui si kecil secara teratur bahkan lebih sering dari biasanya.

Usahakan agar Ibu terus memberikan asupan cairan yang cukup untuk menjaga tubuhnya agar tak mengalami dehidrasi.3. Tetap memberikan makananNafsu makan biasanya akan turun saat anak mengalami diare.

Namun, Ibu disarankan untuk tetap memberikannya makanan walaupun sedikit namun sering.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan energi yang hilang saat ia mengalami diare serta dapat membantu anak agar tak kehilangan berat bada secara berlebih.

Akan tetapi, dianjurkan agar Ibu memberikan makanan yang lunak, seperti bubur maupun ikan dan daging yang dimasak hingga lembut.