Hasil Riset: Waspada, Depresi Ternyata Gen Yang Bisa Diwariskan!

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 29 April 2018 | 16:37 WIB
Para peneliti juga menemukan bahwa dasar genetik untuk depresi dibagi dengan gangguan kejiwaan lainnya seperti skizofrenia. (Istock)

 

Nakita.id.- Berita mengejutkan datang dari London, Moms. Para ilmuwan internasional telah mengidentifikasi 44 varian genetik yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan depresi berat dan menemukan bahwa semua manusia membawa setidaknya beberapa dari mereka.

Penemuan baru ini dapat membantu menjelaskan mengapa tidak semua orang yang diobati dengan antidepresan kondisinya bisa membaik, malah cenderung stagnan.

BACA JUGA: Waspada, Masalah Kesehatan Serius Ini Ternyata Disebabkan Oleh Depresi

Meski hasilnya tidak menggembirakan, para ilmuwan percaya, hal ini merupakan peluang yang dapat menunjukkan jalan menuju  penemuan obat-obatan baru.

Dalam studi yang diklaim terbesar yang pernah ada, para  peneliti juga menemukan bahwa dasar genetik untuk depresi dibagi dengan gangguan kejiwaan lainnya seperti skizofrenia dan sejumlah varian terkait dengan target obat antidepresan.

Asal Moms tahu, depresi dengan kategori sedang hingga berat memengaruhi sekitar 14% orang di seluruh dunia dan merupakan penyumbang terbesar kecacatan jiwa jangka panjang pada populasi dunia.

BACA JUGA: Latih Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dengan Kegiatan Eksplorasi Ini!

Namun hanya sekitar setengah dari pasien merespons dengan baik terhadap perawatan yang ada.